1325 Pramuka Penggalang ikuti Jambore Cabang 2016 Kota Pariaman

 1325 Pramuka Penggalang ikuti Jambore Cabang 2016 Kota Pariaman


1325 Pramuka Penggalang ikuti Jambore Cabang 2016 Kota Pariaman

Advertisements

Pariaman,PADANG-TODAY.COM— Pramuka itu bertujuan mendidik dan membina remaja untuk mengembangkan mental, moral, spiritual dan intelektual, agar menjadi pemuda-pemudi yang handal dan berguna. Selain itu, Pramuka juga sebagai tempat pembentukan pendidikan karakter, yaitu untuk mempersiapkan kekayaan batin dan pemikiran siswa yang berdemensi agama, sosial dan budaya, yang mampu diwujudkan dalam bentuk perbuatan, perkataan, pikiran, sikap, perasaan dan budi pekertib serta kepribadian.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Walikota Pariaman yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Pramuka Kota Pariaman, dalam sambutannya pada acara pembukaan Jambore Cabang (Jamcab) 2016 Kota Pariaman, yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Dusun Duku Gadang Desa Marunggi Kecamatan Pariaman selatan, Jum’at (22/4).

“ada banyak manfaat bagi adik-adik dengan ikut Pramuka, mulai dari Kemandirian, Kebersamaan (gotong royong), Menekan keegoisan, Kedisiplinan, Kecintaan terhadap alam, bertahan hidup disaat genting (survivor) dan yang terakhir semua akan menuju Kecintaan terhadap Allah SWT”, tukasnya.

Gerakan Pramuka yang telah ada sejak tahun 1961 ini, selain sebagai pembentukan karakter bangsa yang disana ada nilai-nilai kejujuran, mandiri, berakhlak mulia, sopan santun dan bertanggung jawab, dapat juga sebagai peningkatan semangat kebangsaan dan bela negara serta meningkatkan keahlian di segala bidang, sehingga seorang anggota Pramuka, dapat menjadi panutan bagi rekan-rekannya, tutup Genius Umar.

Dalam sambutan Ketua Pelaksana yang dalam hal ini Wakil Ketua Bina Muda Pramuka 16 kota Pariaman Nurhaimy mengatakan, acara Jamcab 2016 ini diadakan selama 3 hari dari tanggal 21-24 April 2016. Sedangkan peserta yang mengikuti Jamcab, berjumlah 1325 anggota pramuka penggalang yang berumur 11-15 tahun, baik yang masih duduk dibangku Sekolah Dasr sampai SMP. Sedangkan jumlah sekolah yang mengikutinya sebanyakn 68 sekolah baik SD-SMP se-Kota Pariaman.

Jambore Cabang 2016 kota Pariaman selain ajang kumpul pramuka penggalang yang ada di Kota Pariaman juga diadakan kegiatan keagamaan, penyuluhan tentang bahaya narkoba, tentang Teknologi Tepat Guna (TTG), Penjelajahan dan api unggun. Dari kegiatan ini nanti akan dipilih untuk tergiat I,II dan III , selain itu Jamcab 2016 ini juga ajang untuk seleksi Jambore Nasional di cibubur nanti, jelasnya.

Acara ini dihadiri oleh utusan Kwartir Daerah Sumatera Barat, Azwar Arif dan Andri Yusman, Ketua Kwartir Cabang Harian (Kakwacari) Kota Pariaman, Kanderi, Kapolsek Kota Pariaman Kompol Masri, Kadis Kesehatan Bachtiar, Kakak-Kakak Andalan Kwartir Cabang Pramuka 16 kota Pariaman, Sangga Kerja yang terdiri dari Dewan Kerja Cabang (DKC) 16 Kota Pariaman, Kamabigus masing-masing sekolah  serta peserta Jamcab 2016 Kota Pariaman. (j/sgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*