153 Calon Personil Polri Lulus Seleksi ADM

Perwakilan calon personil Polre menandatangani fakta Integritas.

Perwakilan calon personil Polre menandatangani fakta Integritas.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Sebanyak 171 pelamar calon anggota Polri pada panitia pembantu di Mapolres Padangpanjang, hanya lulus memenuhi syarat kelengkapan administrasi sebanyak 153 orang terdiri dari kelompok Akademi Polisi (Akpol), Brigadir Polisi dan Tantama. Jelang di lepas, calon personil Polri tersebut mengikuti pembacaan dan penandatanganan fakta integritas seleksi di Gedung M Syafei, Senin (4/5) kemarin pagi.

Dalam pembacaan yang dilakukan perwakilan diikuti semua calon personil, fakta integritas tersebut pada intinya mengarah pada penyampaian komitmen mengikuti tahapan seleksi secara bersih, akuntable dan humanis. Guna mencapai hal itu, calon personil dituntut komit menentang praktek korupsi, kolusi dan nepotisme secara tertulis maupun lisan selama proses seleksi berlangsung.
Fakta integritas yang berisi lima poin penting tersebut juga dibaca dan ditandatangani pihak orantuga sebagai bentuk dukungan terhadap komitmen personal putra-putri mereka. Pihak orangtua secara tegas menyepakati komitmen akan mengungkap praktek KKN yang dilakukan oknum panitia jika melihat atau mengatahuinya.

“Baik peserta calon personil Polri yang akan mengikuti seleksi tingkat Akpol, Bintara dan Tantama diharus mengikuti proses pembacaan dan penandatanganan fakta integritas tersebut guna memastikan terselenggaranya tahapan rekruitmen yang bersih, akuntable, transparan dan humanis,” Iptu Jumadi selaku panitia.

Selain peserta seleksi calon personil Polri, pihak pengawas internal dan eksternal pada tahapan seleksi awal juga turut membaca dan menandatangani fakta integritas tersebut. Panitia dan pengawas secara tegas menyatakan tidak melakukan pungutan atau menerima dan meminta berbentuk barang atau uang secara lisan maupun tulisan.

“Prinsipnya sama, yakni mendukung upaya rekruitmen bersih, akuntable, transparan dan humanis. Jika terjadi atau ditemukan pelanggaran, akan diberikan sangsi moral, administrasi dan pidana sesuai perundang-undangan yang berlaku,” sebut Jumadi.

Sementara terkait jumlah peserta yang mengikuti fakta integritas tersebut, terdapat 153 calon anggota Polri yang lolos seleksi memenuhi syarat administrasi di Mapolres Padangpanjang. “Proses seleksi mulai dilakukan sejak 8-25 April dan diperpanjang hingga 2 Mei kemarin,” pungkas Jumadi. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*