18 Kader Tribina Ikuti Penilaian Tingkat Kota

Padangpanjang, TODAY – Sebanyak 18 kader Tribina yang terdiri dari Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Balita (BKB) serta Bina Keluarga Lansia (BKL) mengikuti penilaian tingkat Kota Padangpanjang yang digelar Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) Kota Padangpanjang, Jumat (26/3).

Advertisements

Kegiatan yang berlangsung di Aula DSPPKBPPPA tersebut, dibuka Kabid Pengendalian Penduduk dan KB, Netti Herawati, SH didamping Kasi Pengendalian Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, Ermasuryani, A.Md.

Dalam sambutannya, Netti mengatakan, Tribina merupakan program yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang, baik secara fisik, motorik, kecerdasan emosional, dan sosial ekonomi dengan sebaik-baiknya kepada balita dan anak remaja maupun lansia.

“Kegiatan Tribina berguna dalam meningkatkan kesejahteraan balita, remaja dan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan masa-masa usia dari balita, remaja hingga usia lanjut yang produktif, mandiri dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan masyarakat,” kata Netti.

Ajang penilaian kader Tribina ini, sebut Netti, bertujuan untuk memotivasi para kader sejauh mana pengaplikasian kegiatan yang diberikan di lapangan. Mulai dari penyuluhan yang dilakukan, hingga administrasi yang telah dibuat.

“Akan ada lima penjurian yang terdiri dari dari penyuluhan, materi, wawasan, administrasi dan wawancara. Di setiap penjurian, para kader akan diuji sejauhmana pengetahuannya dalam Tribina,” sebutnya.

Lebih lanjut, Netti menerangkan, para peserta terdiri dari 18 kader Tribina. Dengan rincian enam kader BKR, enam kader BKB dan enam kader BKL. Para peserta merupakan para juara lomba tribina pada tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Padangpanjang yang digelar beberapa waktu lalu.

“Acaranya cuma sehari ini saja. Nanti peserta yang juara di tingkat kota ini, akan menjadi utusan Kota Padangpanjang untuk mengikuti lomba kader tribina tingkat Provinsi Sumatera Barat,” terangnya. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*