18 Tenaga Medis Muda Sukseskan ALS DDS

als

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.COM-Gebrakan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 H, Dompet Dhuafa Singgalang memulai dengan Aksi Layanan Sehat (ALS) DDS yang digelar dengan sukses pada Senin (15/6) kemarin.

Layanan kesehatan gratis terhadap masyarakat sekitar Padang Barat ini terlaksana dengan bersinergi dengan tiga dokter umum, tiga dokter gigi, dua apoteker dan empat asisten, serta didampingi bidan dan perawat yang berjumlah enam orang.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan yang berlangsung pukul 9.00 di Masjid Al Bahrain, Jl. Ir. H Juanda Padang Barat. Pada pembukaan tersebut, Branch Manager Dompet Dhuafa Singalang, Musfi Yendra memberikan sambutan kesiapsediaan Dompet Dhuafa Singgalang sebagai Lembaga Amil yang senantiasa menjembatani kesejahteraan masyarakat terutama ekonomi.

“Menyambut Ramadhan 1436 H, kami mempersiapkan program Ramadhan dengan tema ‘Ambil Berkahnya’, dan kami sebagai fasilitator untuk berbagi keberkahan Ramadhan antar sesama lewat program kemanusiaan seperti salah satunya Aksi Layanan Sehat ini,” tutur Musfi.

Pembukaan ini dilanjutkan dengan sambutan dari dr. Heni. Ia menjelaskan bagaimana cara menyambut bulan Ramadhan lewat fisik yang sehat.

“Persiapan utama menyambut bulan Ramadhan adalah persiapan fisik yang sehat itu sendiri. Bagaimana menjaga pola makan, nutrisi, dan kebutuhan asupan gizi yang sesuai, serta pola aktivitas selama Ramadhan,” tutur dr. Heni.

Sementara dr. Heni memberi wejangan kesehatan dan persiapan fisik selama Ramadhan, para tenaga medis telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk ALS. Mulai dari registrasi peserta, Pengecekan tinggi dan berat badan, anamnesa (pengecekan kesehatan secara menyeluruh-red), dan dilanjutkan spesifikasi kesehatan yang hendak diperiksakan oleh peserta. Untuk orangtua, tersedia pemeriksaan cek gula darah, kolesterol, dan asam urat. Sedangkan untuk anak-anak, tersedia pengecekan kesehatan umum dan gigi.

“Kebanyakan orangtua memeriksakan gula darah, dan cek asam urat. Sedangkan untuk anak-anak, kebanyakan cabut gigi,” tutur pendamping program kesehatan, Musholina Latifa.

Para relawan muda yang rata-rata berusia dibawah 30 tahun ini, melayani pasien dengan cekatan. Untuk kesehatan secara umum, pelayanan dilaksanakan oleh dr. Rizki, dr Ridho, dan dr. Yui. Pengecekan masalah kesehatan dan pencabutan gigi, dilakukan oleh drg. Hanim, drg. Silvia, dan drg, Addini.

Penakaran dan konsultasi obat-obatan, ditangani langsung oleh Yoneta, Vivi, Nana, Rahmi, dan Yola. Dan untuk tenaga kebidanan dan serta perawat terdiri dari Chintya, Husni, Yandra, Muntaha, dan Putri.

“Kami senang bisa terlibat dalam program layanan kesehatan DDS dan terlibat langsung menangani masalah kesehatan masyarakat,” tutur salah satu tenaga medis dalam kegiatan ALS.

Penanggung jawab ALS, yang juga merupakan Manajer Program DDS, Riko Onki Putra menilai, kegiatan ini sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat kesehatan mahal nilainya, dan masih banyak sikap apatis masyarakat dalam masalah kesehatan.

“Kami berharap kegiatan semacam ini dapat membangkitkan kesadaran masyarakat untuk lebih menyadari pentingnya menjaga pola kesehatan masyarakat terutama selama bulan ramadhan. Dan semoga masyarakat senantiasa memberi dukungan untuk setiap program kesehatan masyarakat yang diselenggarakan DDS,” pungkas Riko. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*