189 Jamah Calon Haji Dilepas Pemkab, Upayakan Peningkatan Fasilitas

189 Jamah Calon Haji Dilepas Pemkab, Upayakan Peningkatan Fasilitas

189 Jamah Calon Haji Dilepas Pemkab, Upayakan Peningkatan Fasilitas

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bertempat di aula utama Kantor Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (11/08), sebanyak 189 orang jamaah calon haji dari Limapuluh Kota tahun 2016 dilepas secara resmi oleh Bupati Irfendi Arbi. Acara pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Kementerian Agama, Kepala SKPD, serta para undangan lainnya.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam sambutan dan arahannya, menyampaiakan keinginan Pemkab untuk memberikan berbagai fasilitas demi kemudahan para jamaah calon haji.

“Kita tentu sudah merasakan berbagai peningkatan fasilitas baik secara kuantitas, maupun kualitas telah dilakukan oleh Pemrintah Daerah dari tahun ke tahun, ke depanya upaya perbaikan tersebut akan terus kita lakukan secara bertahap,” imbuh Bupati.

Selain itu, Bupati Irfendi juga menyampaikan pentingnya perjalanan haji sebagai sebuah ibadah.

“Sarat nilai-nilai pengorban dan perjuangan, mari kita resapi hakikat ibadah haji tersebut agar memberi bekas bagi pembangunan daerah secara umum. Atas nama Pemerintah Daerah saya mendoakan seluruh jamah calon haji Limapuluh Kota agar dapat meraih kesempurnaan dengan gelar haji yang mabrur. Terakhir saya juga berharap agar para jamah calon haji untuk dapat mendoakan daerah kita, mendoakan para pemimpin kita agar Negara ini diberkahi oleh Allah,” pungkas Bupati yang dikenal ringan senyum ini.

Hal senada disampaikan oleh Ketua DPRD Limapuluh Kota Safruddin Datuk Bandaro Rajo. Dalam penyampaiannya, ia mengajak seluruh jamaah calon haji untuk dapat menjaga persatuan dan kekompakan selama menjalankan ibadah haji.

“Mari kita perlihatkan kepada daerah lain bahwa jamah calon haji Limapuluh Kota merupakan jamaah yang kompak, menjungjung tinggi rasa kebersamaa dengan displin yang kuat,” ungkap Safruddin.

Hal lain yang disampaikan Safruddin kepada jemaah calon haji, agar memperbarui niat dalam menjalankan ibadah. Pintanya, tidak ada di antara jemaah yang belum mengazamkan niat, bahwa berhaji adalah menjawab panggilan sang pencipta.

“Harapannya setelah kembali dari tanah suci, akan menjadi haji sepanjang hayat, serta berpartisipasi dalam pembangunan daerah,” simpul politisi Golkar ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Gusman Piliang menyampaikan apresiasi, serta rasa bangganya kepada Pemerintah Daerah yang telah memberikan fasilitas untuk jamaah calon haji.

“Khususnya untuk biaya domestik, kita tentu bangga dengan kepemimpinan Bupati hari ini yang meletakan visi pembangunan keagaman menjadi poin terpenting dalam rumusan RPJM Lima Puluh Kota,” ungkap Gusman Piliang.

Gusman juga mengungkapkan bahwa terdapat berbagai kekurangan yang masih terlihat sebagai bahan evaluasi ke depanya. Diharapkan Gusman, kegiatan berikutnya dapat ditingkatkan ke arah yang lebih baik.

Gusman turut menyampaikan, Kementerian Agama telah melakukan koordinasi intensif dengan berbagai instansi lintas sektoral dalam memastikan kualitas layanan haji di Limapuluh Kota. Sebagai contoh, diterangkan Gusman, pelaksanaan manasik haji tahun ini akan dievaluasi seluruh narasumber yang terlibat.

“Apakah narasumber tersebut memiliki kompetensi untuk memberikan materi manasik haji, kalau tidak akan kita ganti untuk tahun selanjutnya,” terangnya.

Kepada jamaah calon haji, Gusman berharap untuk dapat menjaga kesehatan. Disampaikannya, suasana di tanah suci jauh berbeda dengan suasana di daerah. Oleh sebab itu, Gusman mengajak jamaah calon haji untuk bersikap arif dengan berbagai perbedaan tersebut.

Gusman juga menyingung bahwa mulai tahun ini Pemerintah melalaui Kementerian Agama telah meanggarkan biaya makan selama berada di tanah suci, baik di Mekah maupun selama di Madinah.

“Tentu kita berharap agar kualitas layan haji dari tahun ke tahun dapat kita tingkatkan menuju excellent service,” tutur Putra Kubang ini.

Data yang dirilis oleh panitia haji Kemenag Limapuluh Kota, jamaah calon haji kabupaten ini akan diberangkatkan menuju emberkasi Padang pada 20 Agustus 2016 mendatang. Usai dari sana, pada hari berikutnya akan bertolak ke tanah suci.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*