20 Ribu Lahan TNKS Dirusak

Advertisements
Padang-today.com - Kawasan hutan di Wilayah II Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) mengalami kerusakan sebanyak 20 ribu hektar akibat dirambah secara illegal.

"Dari data dan citra satelit ada 20 ribu hektar lahan di kawasan TNKS dirusak orang,"kata Kepala Bidang (Kabid) Wilayah II Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Sumatra Barat (Sumbar), Ahmad Darwis ketika prescon di Padang.


Menurut dia,luas areal hutan yang sudah dirambah sudah mencapai 20 ribu hektare di TNKS. Lahan itu sudah dirambah secara sporadis secara orang per orang.

"Kendala kami luas kawasan TNKS yang di Wilayah II Sumbar ini, petugas kami hanya berjumlah 30 orang dengan luas wilayah pengawasan mencapai 400 ribu hektare, saya rasa Sumber Daya Manusia (SDM) kami sangat kurang untuk (pengawasan) itu. Namun, kami dibantu oleh rekan-rekan dari Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar," katanya.


Hutan TNKS harus diselamatkan dari kepunahan, lanjut diaHutan TNKS diharapkan menjadi penyumbang oksigen bagi warga dunia, hutan di Kerinci dinobatkan sebagai hutan paru-paru dunia salah satu yang terbaik.

Upaya mempertahankan kelestarian kawasan TNKS salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan terhadap masyarakat luas seperti banjir bandang, penegakkan hukum adalah upaya terakhir yang harus kami lakukan,"tegas Ahmad Darwis.


Ahmad Darwis menyebutkan,baru-baru ini ditangkap empat orang pelaku perusakan hutan di kasawasan TNKS tepatnya di Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan,


Sebelum dilakukan penangkapan oleh petugas, Gakkum Wilayah II Sumbar melakukan pendekatan dengan pelaku untuk tidak melakukan perusakan hutan di kawasan TNKS. Petugas telah memasang plan larangan di lokasi.

“Namun pelaku tidak mengindahkan larangan, tetap melakukan perusakan hutan di kawasan TNKS,”sebut dia.

Menurut dia, aktivitas pelaku merusak hutan semakin meningkat maka dilakukan upaya penangkapan. Empat orang pelaku telah dua tahun melakukan aktivitas pengrusakan hutan di kawasan TNKS

“Luas dirusak dari pengakuan tersangka yakni 75 hektar, namun dilihat dari citra satelit, mereka telah merusak hutan 300 hektar,”jelas dia.

Ahmad Darwis berharap, masyarakat pada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian hutan kasawan TNKS. Untuk lahan sudah dirusak akan dilakukan pemulihan ekosistem berbasis masyarakat sehingga kegiatan pemulihan ekosistem ini juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*