204 Anak Berkebutuhan Khusus Ikuti Jambore Kepramukaan

wwww-1
Jakarta, PADANGTODAY.com-Sebanyak 204 anak berkebutuhan khusus (ABK) dari 34 provinsi berpartisipasi dalam jambore kepramukaan ABK pada 29 September-2 Oktober 2014. Jambore yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur ini dilaksanakan melalui kerja sama Kemdikbud dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Dalam mengikuti jambore ini  masing-masing ABK ditemani satu orang pendamping.

Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Mudjito, mengatakan, kegiatan-kegiatan dalan jambore ini merupakan aktivitas yang mencerminkan kemandirian anak-anak berkebutuhan khusus. Disini, para ABK diberi bekal untuk praktik dalam kehidupan yang sarat dengan suasana edukasi. “Ini bagian dari pembinaan mental dan karakter,” kata Mudjito pada konferensi pers sebelum jambore kepramukaan ABK ini dibuka, Senin (29/09/2014), di Cibubur, Jakarta.

Jambore kepramukaan bagi ABK kali ini merupakan penyelengaraan ke empat. Tema yang diusung adalah “Melalui Jambore ABK kita bangun kemandirian anak bangsa yang berkarakter: mulia, Ceria, Peduli, dan Mandiri”. Motto yang dipilih yakni “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”.

Peserta jambore ke-4 ini merupakan siswa siswi ABK dari kelas 5 hingga kelas 9. Pada acara pembukaan, seluruh rangkaian kegiatan dilakukan dari ABK untuk ABK. Semua petugas yang berpartisipasi di acara pembukaan tersebut berasal dari kalangan ABK ini sendiri. Contohnya, lagu hymne pramuka dibawakan oleh Pratiwi, ABK autis dari Kalimantan Timur, pembacaan UUD 45 siswa dari Jawa Timur dengan kebutuhan tuna daksa, dan pembacaan doa oleh tuna grahita, Farhan, dari DKI Jakarta.

Mudjito mengatakan, dalam kesempatan ini yang ditonjolkan ABK adalah sikap dan keterampilan yang tinggi. Berbagai permainanpun sudah disiapkan panitia untuk diikuti para peserta, seperti permainan persahabatan yang berhubungan dengan kebangsaan. “Misalnya membalik tirai, meronce manik-manik, hasta karya, daur ulang barang-barang berkas, kertas-kertas, dan karnaval,” katanya. (dil/Aline Rogeleonick)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*