22 KK Di Jorong Pasia Paneh Nagari Tiku Selatan Terkena Abrasi Pantai

Agam, PADANGTODAY.com-Sebanyak 22 Kepala Keluarga (KK) di Jorong Pasia Paneh, Nagari tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, dikejutkan dengan abrasi pantai akibat hujan lebat yang sejak Senin (14/9) pagi hingga siang. Hal itu membuat warga terpaksa mengungsi ke rumah keluarga terdekat.

Advertisements

Dengan mengetahui peristiwa itu, Bupati Agam Indra Catri yang didampingi BPBD Kabupaten Agam dan Camat Tanjung Raya, Ade Herlin langsung pergi kelokasi untuk memastikan kejadian tersebut.

“Akibat hujan badai dan abrasi pantai sekitar 150 batang kelapa terbawa arus gelombang yang terbentang sepanjang 1,2 km sepanjang pantai pasia paneh,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Yunaidi.

Sedangkan gerusan pasir sepanjang pantai berkurang 30 meter ke arah darat. Dikatakan Yunaidi, dampak dari abrasi pantai selain kerugian 150 batang kelapa yang tumbang, juga terdapat 15 unit rumah yang terendam dengan 22 KK di lokasi tersebut.

“Saat ini pemerintah bersama CV yang sedang melakukan pekerjaan membatasi pinggir pantai terus berusaha meletakkan batu pembatas sekaligus pemecah ombak, untuk mengurangi gerusan sepanjang pantai,” ujar Yunaidi.

Yunaidi menghimbau masyarakat yang tinggal disekitar pantai diminta untuk tetap berhati-hati, bila ada badai dan gelombang serta pasang naik diminta untuk bergeser kerumah keluarga terdekat. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*