22 Sahabat Ramadhan DDS 1436H Siap Tugas!

Kegiatan pelatihan Sahabat Ramadhan DDS 1436 H selama Sabtu-Minggu (23-24/5) lalu.

Kegiatan pelatihan Sahabat Ramadhan DDS 1436 H selama Sabtu-Minggu (23-24/5) lalu.

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Ramadhan sebentar lagi. Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) ingin memanfaatkan moment Ramadhan sebagai wadah untuk memaksimalkan target ekpetasi kerja untuk kemaslahatan umat sebagai lembaga kemanusiaan.

Demi totalitas selama Ramadhan, DDS kembali membuka perekrutan Sahabat Ramadhan (SR) yang rutin diadakan setiap tahunnya. Perekrutan ini menjaring muda-mudi yang bersedia bergabung full-time selama Ramadhan.

Dari pembukaan pendaftaran SR untuk posisi Fundraiser yang dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan (17/4-17/5), calon SR yang mendaftarkan diri sangat banyak.

“Awalnya kami membuka pendaftaran hingga 20 mei. Tapi karna quota sudah penuh kami tutup di 17 Mei,” tutur Staff Retail Fundraising, panitia penanggung jawab perekrutan SR, Fera Marleni.

Dari berkas yang masuk sebanyak 200 lebih, 100 diantaranya dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dari 100 calon tersebut, dilakukan pelatihan selama dua hari untuk 44 calon pada Sabtu-Minggu (23-24/5) lalu. Dari pelatihan inilah nantinya calon akan dijaring kembali untuk diambil SR yang sesuai dengan kebutuhan DDS.

Pelatihan ini dilaksanakan di aula General Manager Telkom, Padang Baru. Pada hari pertama, kegiatan ini dihadiri langsung Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra yang memberikan gambaran dan sambutan bagi calon SR ini.

Selanjutnya materi yang diberikan oleh Direktur Institut Inovasi Sosial Indonesia, M. Arifin Purwakananta, yang membahas sisi Fundraiser sebagai profesi yang memilki manfaat untuk mengentas kemiskinan.

“Fundraiser bukan profesi, namun kegigihan semangat perubahan sosial demi kemaslahatan bersama,” gagas Arifin kepada peserta.

Pada hari kedua, pelatihan dimulai pemanasan bagi peserta dengan mengajak seluruh peserta untuk turun ke jalan, tepatnya GOR Agus Salim, untuk melakukan aksi solidaritas penggalangan dana untuk Rohingya terhadap pengunjung GOR.

Aksi ini cukup menarik banyak simpati masyarakat yang peduli dengan Rohingya.

Selanjutnya, peserta kembali ke aula Telkom untuk mendapat materi pembekalan yang diisi oleh Ustadz Zul Adli,Lc dari Lembaga Pelayanan Masyarakat Yayasan Waqaf Ar-Risalah, yang membahas masalah Fiqih zakat.

“Zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Dimana pada Alquran ada perinta ‘Khuz’ yang artinya ‘Ambil’, bukan sekedar menyisihkan kelebihan harta,” tutur ustadz Adli.

Selanjutnya materi ditutup oleh Kepala Witel Telkom Sumatera Barat, Muskab Muzakkar. Beliau menjelaskan prinsip ‘The Magic of 5 K’ yang harus ditanamkan bagi setiap peserta.

“The Magic of 5 K merupakan singkatan dari : Komitmen, Komunikasi, Kerjasama, Kerja-Cerdas, dan Keikhlasan. Saat seseorang sudah memegang lima prinsip ini, InsyaAllah dia akan menjadipribadi yang sukses,” pungkas Muskab.

Dari 44 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, akhirnya Panitia pelaksana sepakat memilih 22 orang yang dianggap paling kompeten untuk bergabung sebagai Sahabbat Ramadhan 1436 H.

“Kami telah melihat keseriusan, minat, dan antusias masing-masing peserta selama dua hari pelatihan. Dalam musyawarah DDS, telah kami memilih 22 kandidat yang akan bergabung selama bulan Ramadhan 1436 H,” tutup Fera. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*