24.901 PSKH dan 5.276 PKH Terima Dana Kompensasi BBM

Afdal, S.Sos

Afdal, S.Sos

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota kembali mendapatkan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan PSKS bagi 24.901 rumah tangga sasaran (RTS) dan PKH buat 5.276 keluarga sangat miskin (KSM).

Demikian Kepala Bidang Bimbingan dan Bantuan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota Afdal SSos kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

”Tahun 2015 ini kita kembali mendapatkan PSKS untuk 24.901 RTS dengan nilai Rp14.940.600.000. Masing-masing RTS mendapatkan Rp600.000 untuk bulan Januari sampai Maret,” ungkap Afdal.

Dana kompensasi kenaikan BBM tersebut sudah direalisir sejak 11 April hingga 19 April mendatang pada 9 Kantor Pos di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. Selain di kantor pos, penyaluran bantuan tersebut juga dilakukan langsung ke sejumlah Nagari seperti di Nagari Gelugur, Maek dan lainnya.

”Sedangkan PKH juga segera dibagikan buat 5.276 KSM dengan total dana Rp1.863.612.500. Bantuan tunai bersyarat itu direalisasi mulai tanggal 19 sampai 29 April ini,” papar putera Lubuak Batingkok tersebut.

Afdal berharap, bantuan itu dapat mencegah penurunan daya beli masyarakat menyusul pengurangan subsidi BBM serta mengurangi beban rumah tangga sangat miskin. Karenanya dana tersebut harus digunakan sesuai sasaran. PKH yang mempunyai sasaran untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan, jangan sampai dipakai untuk membeli rokok atau pulsa handpone.

”Dana PKH misalnya, silahkan untuk membeli buku, pakaian sekolah atau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, jangan untuk yang lain,” ingat Afdal.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*