25 Anggota DPRD Kota Payakumbuh Disumpah, “Insya Allah Amanah”

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-25 Anggota DPRD Kota Payakumbuh periode 2019-2024 dilantik dalam dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kota Payakumbuh, Senin (2/9/2019) pagi.

Ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh Dr Indah Wastukencana Wulan, SH. MH

Pelantikan yang dihadiri Wali Kota Payakumbuh H Riza Falepi, Wakil Wali Kota Payakumbuh H Erwin Yunaz, serta Undangan Ketua DPRD Sementara Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra. Terlihat pula Anggota DPRD Sumbar Nurkhalis Dt Bijo Dirajo.

Sebagaimana Keputusan KPU Kota Payakumbuh Nomor 146/HK.03.1-KPT/1376/KPU-Kot/VII/2019 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Payakumbuh hasil Pemilu 2019. Dapil I (Payakumbuh Barat)  sebanyak 10 (sepuluh) orang, Dapil II (Payakumbuh Utara dan Latina) sebanyak 8 (Delapan) orang, dan Dapil III (Kecamatan Payakumbuh Timur dan Kecamatan Payakumbuh Selatan), sebanyak 7 (tujuh) orang.

Pengucapan Sumpah/Janji ini didasari pada Keputusan Gubernur Sumaera Barat Nomor 171-590-2019 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Kota Payakumbuh, tertanggal 7 Agustus 2019.

25 Anggota DPRD Kota Payakumbuh Disumpah, “Insya Allah Amanah”

25 Anggota DPRD Kota Payakumbuh Disumpah, “Insya Allah Amanah”

Pimpinan Sementara DPRD Payakumbuh, Hamdi Agus (PKS) dan Wulan Denura (Gerindra).

Pimpinan Sementara DPRD Payakumbuh, Hamdi Agus (PKS) dan Wulan Denura (Gerindra).

Mengawali pembukaan Rapat Paripurna, Ketua DPRD Periode 2014 – 2019, Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, mengatakan waktu lima tahun rasanya relatif pendek.

“Masih tergiang di telinga kita bahwa lima tahun lalu, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Payakumbuh disumpah dan dilantik di sini. Sekarang tibalah saatnya kami mempertanggungjawabkan amanah rakyat tersebut,” ungkapnya.

Selama periode 2014 – 2019, DPRD Kota Payakumbuh telah melahirkan sebanyak 84 (delapan puluh empat). Prinsipnya Perda yang dilahirkan mengandung jiwa sebagai arah tujuan untuk kemakmuran, kesejahteraan rakyat dan mempermudah serta mempercepat lajunya pembangunan kota di segala lini.

“Banyaknya Perda yang dihasilkan Dewan Periode 2014–2019 bukanlah tujuan utama, tetapi ada yang mendasar, yaitu dihayati dan dilaksanakannya jiwa Perda tersebut oleh semua pihak. Apabila ada Perda yang digunakan tidak pada peruntukkannya, supaya dapat dikembalikan kepada fungsinya yang benar,” tambah Dt Parmato Alam.

Ketua Sementara DPRD Kota Payakumbuh Periode 2019 – 2024 yang baru diambil sumpah dan janjinya, Hamdi Agus, didampingi Wakil Ketua Sementara, Wulan Denura, meminta agar didukung dalam pelaksanaan tugas-tugas mendatang.

“Dan kami ucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Periode 2014–2019 yang telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Dibacakan oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, Gubernur dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Payakumbuh Periode 2019 – 2024 yang baru saja mengucapkan sumpah/janji dan kiranya pada masa datang lebih mampu meningkatkan kinerja dan mengemban amanah rakyat dengan sebaik mungkin.

Dari awal sampai akhir acara berjalan lancar dan aman. Acara dilanjutkan dengan foto bersama anggota DPRD Kota Payakumbuh yang baru maupun yang lama dengan Forkopimda, pejabat di lingkungan Pemko Payakumbuh , dan undangan lainnya serta makan bersama.

Pantauan padang-today.com sistem pengamanan terlihat berjalan baik. Bahkan Wali Kota yang akan naik ke lantai 2 tempat acara ikut diperiksa. Ada Anggota DPRD yang diantar dengan rombongan ramai berbendi-bendi.

Kemeriahan terasa sampai ke Jalan Sukarno Hatta, di depan Kantor DPRD sampai jauh, papan bunga jadi pemisah jalan. Belum lagi, papan bunga yang berderet di halaman dalam komplek Kantor 25 Anggota DPRD dan Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh ini.

Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh yang dipimpin Elvi Jaya, ST terlihat telah mempersiapkan Rapat Paripurna itu. Bekerjasama dengan Pengamanan Kepolisian dan Satpol PP pintu masuk dan jalan naik tangga ke lokasi acara  betul-betul dijaga ketat.

Bahkan, Wali Kota Payakumbuh H Riza Falepi ikut diperiksa. Bagi undangan yang diundang, harus membawa undangan dan memperlihatkannya ke petugas. Di saat yang sama, DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai juga diambil sumpahnya.

Ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh Dr Indah Wastukencana Wulan, SH. MH membacakan sumpah jabatan anggota DPRD Kota Payakumbuh. 25 Anggota DPRD Payakumbuh mengucapkan ulang janji dan sumpah jabatan itu.(Dodi Syahpura)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas