26 Pejabat Dekanat dan Jurusan ISI Padangpanjang Dilantik

Pejabat pembantu Dekan saat penandatanganan berita acara pelantikan.

Pejabat pembantu Dekan saat penandatanganan berita acara pelantikan.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Menunaikan kewajiban statute kampus, Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang melantik sebanyak 26 pejabat di tingkat Dekanat, Jurusan, Pascasarjana, Ajang Gelar dan SPI, usai pengambilan sumpah jabatan di Aula Lantai III Rektorat kampus setempat, Kamis (7/5) kemarin siang.

Rektor ISI Padangpanjang Prof Dr Novesar Jamarun menyebut dengan telah dilantiknya pejabat serta serah terima jabatan merupakan bukti progres kampus seni tersebut menuju gerbang kemajuan yang lebih baik ke depan. Terhadap para pejabat yang baru dilantik, diharapkan bisa membuka sinergi antara masyarakat dengan segenap civitas akademika yang lebih baik lagi.

“Seluruh kegiatan yang digelar di kampus, secara jujur guna memberikan manfaat luas bagi masyarakat Padangpanjang. Kami berharap segenap masyarakat Padangpanjang tidak merasa sungkan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan kesenian di sini, karena itu merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi seluruh jajaran civitas akademika ISI,” ungkap Novesar kepada wartawan usai pelantikan structural Dekanat dan Jurusan.

Terkait harapan yang disampaikan terhadap pejabat yang baru dilantik mengemban tugas sesuai surat keputusan melalui proses demokrasi tersebut, Novesar menyebutkan tiga poin penting. Yakni komitmen untuk membangun, integritas terhadap jabatan dan loyalitas kepada bangsa dan negara, sehingga ISI bergerak maju lebih dinamis.

“Apa lagi menjawab pertanyaan kesiapan regenerasi tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Di mana di sini sangat menuntut kemampuan kreativitas serta keterampilan calon pencari kerja. ISI dalam hal ini secara tegas menanamkan komitmen menyiapkan lulusan yang handal dalam menyonsong MEA,” ujarnya.

Salah satu bentuk komitmen ISI menyonsong MEA, tidak hanya fokus pada mahasiswa saja namun juga terhadap staf pengajar. Hal itu dibuktikan dengan program pengayaan SDM staf pengajar untuk mengambil gelar doctor ke luarga negeri yang akan dimulai tahun ini. Demikian juga bagi mahasiswa, akan dibentuk kelompok-kelompok untuk menjawab kelemahan dari segi bahasa.

Sebagai salah satu dari enam perguruan tinggi seni negeri di Indonesia, memiliki 40 persen bea siswa yang dapat dikucurkan guna menunjang “aset” daerah atau pun Indonesia secara untuk dalam melanjutkan pendidikan strata di kampus setempat.

“Bea siswa cukup besar yang disediakan oleh pemerintah melalui Kemendikbud, guna menunjang layanan pendidikan strata bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kalangan kurang mampu. Namun tentu syaratnya telah diatur, salah satunya melihat dari kualitas akademik atau kemampuan personal calon mahasiswa penerima bea siswa itu nantinya,”

Menutup pembicaraan, Novesar secara tegas menyampaikan sangat berharap ke depannya ISI mampu menjadi leading pegurutan tinggi seni di Indonesia. “Kemajuan ISI harus cepat dari yang kita targetkan. Tahun 2019, harus menjadi leading menuju MEA yang kita cita-citakan bersama itu,” pungkas Novesar seraya bersyukur atas keberhasilan ISI menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menerima School Challenges Award untuk kategori The Best Leading Education School of The Year, 24 April lalu di Medan. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*