3.000 Personel Brimob Polri Diterjunkan Mengawal Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika

Ilustrasi

Ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Sebanyak 3.000 personel Brimob Polri diterjunkan mengawal perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung, pada 19-23 April 2015 mendatang. Dalam pelaksanaan acara tersebut total anggota Brimob yang diterjunkan sekitar 2.000 personel.

Kepala Bagian Operasional Korps Brimob Polri Kombes Leo Bona Lubis mengatakan, Mabes Polri menyiapkan 3.000 personel dengan rincian sekitar 500 anggota bakal diperbantukan untuk membantu Brimob Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat. Sedangkan sekitar 2.500 personel Brimob Polri dipersiapkan berjaga ketika diperlukan pengamanan tambahan.

“Dari Brimob menyiapkan sekitar 2.000 pasukan. Sekitar 1.015 dari Brimob Polda Jabar dan 400 satuan Brimob Polda Metro, dan bantuan dari Mabes Polri 500 untuk Polda Metro Jaya,” kata Leo dalam ‘Apel Pasukan PAM KAA’ di Mako Brimob Polri Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Selasa (14/4).

Anggota tersebut dipersiapkan guna menangkal potensi gangguan pelaksaan KAA baik gangguan nyata maupun ambang gangguan seperti teror. Menurut Leo, personel Brimob yang diperbantukan tersebut di antaranya memiliki keahlian semacam tim sniper, penjinak bom, satu unit Kimia Biologi dan Radiologi dan unit medis.

“Yang pasti begini kita back up Polda Metro yang berkaitan dengan seluruh gangguan, gangguan nyata, ambang gangguan, intinya meniadakan gangguan ancaman teroris,” ujar Leo.

Leo menambahkan personel tersebut bakal diberangkatkan besok. Yang mana nantinya para personel tersebut ditempatkan ke sejumlah titik diduga rawan akan ancaman keamanan seperti aksi teror.

“Prinsipnya semua daerah rawan disana kita amankan,” pungkas dia.

Seperti diketahui, KTT Asia Afrika kali ini dilakukan di Jakarta dan Bandung dengan mengangkat tema penguatan kerja sama negara-negara di kawasan selatan. Ada empat acara utama yang akan dilakukan yakni Senior Official Meeting (SOM) pada 19 April, pertemuan tingkat menteri 20 April, KTT Asia-Afrika 22-23 April, dan peringatatan KAA pada 24 April.

(did/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*