3 SD dan 1 SMP Mewakili Payakumbuh ke Adiwiyata Nasional

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Empat sekolah di Payakumbuh ditetapkan Gubernur Sumatera Barat sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2015. Keempat sekolah itu, masing-masing SMPN 3, SDN 05, SDN 29 dan SDN 31 Payakumbuh, untuk selanjutnya  maju ke pemlihan Adiwiyata Tingkat Nasional 2016. Sekolah bersangkutan, mengantongi uang pembinaan dari gubernur masing-masing Rp4.250.000.

Advertisements

Keterangan Kepala Lingkungan Hidup Payakumbuh Syamsurial, M.Si, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (28/7), dalam menciptakan sekolah berwawasan lingkungan, pihaknya banyak mendapat support dari komite sekolah, orang tua wali murid dan SKPD terkait, selain kemauan keras dari pelajar dan majelis guru.

Menurutnya, SMPN 3 di Bukik Sitabur Payakumbuh, SDN 05 di Kelurahan Sawah Padang, SDN 29 di Kelurahan Payobadar dan SDN 31 di Kelurahan Balai Jaring,  punya peluang memperoleh predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tahun depan. Makanya, dalam rentang waktu cukup panjang ini, diharapkan keempat sekolah terus berbenah, dalam menjalankan program Adiwiyata, berupa pemeliharaan lingkungan hidup sekolah yang rindang dan hijau.

Sementara itu, tiga sekolah lainnya yang dalam tahun ini telah menyandang predikat Sekolah Adiwiyata Nasional, juga akan ikut berkompetisi untuk meraih gelar Adiwiyata Mandiri Nasional 2016. Ketiga sekolah tersebut meliputi SMAN 3 Payakumbuh, SDN 02 Payakumbuh di Balai Nan Duo, serta SDN 44 Payakumbuh di Bulakan Balai Kandi.

Di Payakumbuh, ungkapnya, sekolah yan sukses merebut Adiwayata Mandiri Nasional, baru SMAN 2 Payakumbuh yang berlokasi di Bukit Sitabur, Payakumbuh Timur. Persyaratan memperoleh Adiwiyata Mandiri cukup ketat, di antaranya sekolah bersangkutan punya 10 sekolah binaan dalam menjalankan program Adiwiyata.

Di bagian lain dijelaskan, dalam tahun ini juga, Kantor Lingkungan Hidup Payakumbuh, juga akan melakukan penilaian terhadap seluruh sekolah yang akan dikirim mewakili Payakumbuh dalam pemilihan Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016. Secara berjenjang, kegiatan itu tak boleh terputus, sehingga wakil Payakumbuh dari tahun ke tahun, dalam iven dimaksud tak terputus, simpulnya.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*