30 Pemilik Bangunan Diberi Peringatan

Tim gabungan dari Sat Pol PP Kota Padang Panjang ketika melakukan penertiban terhadap pemilik bangunan yang belum memiliki IMB.

Tim gabungan dari Sat Pol PP Kota Padang Panjang ketika melakukan penertiban terhadap pemilik bangunan yang belum memiliki IMB.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Tim Gabungan yang dipimpin Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padangpanjang, melakukan razia terhadap pemilik bangunan yang belum memiliki izin. Setidaknya, tim yang terdiri dari unsur Pemko dan TNI/Polri itu, menerbitkan Peringatan terhadap 30 pemilik bangunan.

Kepala Seksi Operasi Satpol PP David Nover Martin didampingi Kasi Penyidikan dan Penindakan Suryati, ketika ditemui Jum’at kemarin menyebutkan, sesuai dengan surat dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Padangpanjang tentang penertiban terhadap bangunan yang memiliki izin, pihaknya telah mendatangi seluruh pemilik bangunan yang tedata belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
“Dari hasil tim turun kelapangan, kita telah mendata ada 30 bangunan yang belum memiliki izin. Sementara itu, masih ada juga masyarakat yang belum mengetahui prosedur pengurusan IMB,” kata pria yang akrab disapa David itu.

Dijelaskannya, Tim Gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu‎, Kasi Trantib Kelurahan dan TNI/Polri tersebut, telah turun ke lima kelurahan yang tersebar di dua kecamatan.

“Selain memberi Peringatan kepada pemilik bangunan yang belum memiliki izin, tim juga dilengkapi dengan blangko perizinan, sehingga masyarakat bisa mengetahui jenis surat-surat dalam pengurusan IMB,” sebut David.

Ditambah Suryati, selama beberapa hari tim turun kelapangan, tim juga menerbitkan surat Peringatan dengan batas waktu pengurusan izin yang beragam, mulai dari satu minggu hingga satu bulan.

“Surat itu, kita buat sesuai dengan kemampuan pemilik bangunan. Jika masih ada yang membandel, kita akan melakukan pemanggilan dan penerapan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya.

Selain pengurus IMB, lanjut Suryati, pihaknya juga telah melayang surat Peringatan terhadap pemilik bangunan yang bangunannya Selain tidak memiliki IMB, juga tidak sesuai dengan peruntukan lokasi bangunan yang tertera dalam RTRW Kota Padangpanjang.

“Dari hasil pembahasan tim dan instruksi dari pimpinan, jika memang menyalahi peruntukan bangunan, kita akan bongkar,” ungkap Suryati.

‎Selain penertiban dan Peringatan yang telah dilakukan tim, Satpol PP juga terus memberikan penyuluhan persuasif kepada masyarakat melalui aparatur kecamatan dan kelurahan. Sehingga, tidak ditemukan lagi bangunan yang tidak memiliki izin dan menyalahi peruntukan lahan. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*