31 Narapidana Rutan Padang Panjang Dapat Remisi

Padangpanjang, Padang-today– Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberi remisi umum kepada 31 narapidana penghuni Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kota Padang Panjang pada Hari Kemerdekaan RI ke-71.

Advertisements

Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis berharap remisi tersebut bisa didapat oleh narapidana lainnya dengan menjalani aturan yang berlaku di rutan tersebut.

“Kepada narapidana kami minta bisa berkelakukan baik selama menjalani masa tahanan, sehingga bisa mendapatkan remisi pada tahun berikutnya,” katanya

Sementara itu Kepala Rutan Kelas II B Padang Panjang, Surakhmat di Padang Panjang, Rabu, mengatakan ke-31 narapidana itu mendapatkan remisi umum dari 70 penghuni Rutan itu.”Remisi kepada 31 itu merupakan hak sebagai warga negara yang diberikan pada hari kemerdekaan RI,” tambah dia.

Dia mengemukakan, tahanan yang mendapatakan remisi itu tidak sama jumlah pengurangan tananan satu dengan yang lainnya. “Mereka diberi remisi atau pengurangan masa tahanan yang berbeda, mulai dari satu bulan hingga enam bulan pada remisi umum,” ujarnya.

Ia menambahkan, satu dari narapidana yang mendapatkan remisi itu mendapatkan remisi umum langsung bebas pada hari kemerdekaan, namun menjalani subsider enam bulan. Mereka menjadi penghuni rutan tersebut kata dia, karena tersangkut dengan berbagai kasus tindak pidana seperti pencurian, penganiayaan, pencabulan, narkoba dan sebagainya.

“Pemberian remisi kepada narapidana tersebut, karena meraka yang sudah memenuhi indikator diantaranya berkelakukan baik dan telah menjalani masa tahanan selama enam bulan dari masa tahanan,” jelasnya.

Ia menerangkan, saat ini penghuni Rutan Kelas II B Padang Panjang tersebut tercatat sebanyak 70 orang. Sel yang dimiliki yakni sel tahanan, narapidana dan ruangan pengenalan lingkungan. (Humas/Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*