31 Pemuda Payakumbuh Kembali Magang ke Negeri Jiran

Asisten III Iqbal dan Ketua STP Sahid Kusmayadi foto bersama perwakilan siswa magang yang akan berangkat ke Malaysia pada September nanti.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Setelah sukses memberangkatkan peserta magang ke luar negeri pada program pendidikan dan pelatihan (diklat) Pariwisata dan Perhotelan untuk siswa tamatan SMA sederajat pada tahap I, kali ini kembali Walikota Payakumbuh melepas peserta magang tahap ke-2 untuk mengikuti program yang sama dalam sebuah acara di Ruang Pertemuan Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Jln. Pahlawan Sawah Padang No 16, Rabu (30/8).

Kegiatan yang merupakan kerjasama pemerintah kota Payakumbuh dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP)  Sahid Jakarta itu, telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir. Dan pada acara penutupan diklat tahap II ini  dihadiri Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Iqbal Bermawi, Direktur STP Sahid Jakarta Kusmayadi beserta tim, Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ruslayetti, Fitta Yeva mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, sejumlah pimpinan OPD, kepala sekolah, orang tua peserta diklat, dan undangan lainnya.

Walikota dalam sambutan yang disampaikan Iqbal mengucapkan rasa syukur atas terjalinnya kerjasama dengan STP Sahid Jakarta selama ini.

“Kita patut bersyukur dan berbangga, karena kita sudah sangat beruntung menjalin kerjasama dengan STP Sahid Jakarta. Dari 19 kab/kota se-Sumatera Barat, Payakumbuh lah satu-satunya yang mendapatkan kesempatan ini,” ujar Iqbal.

Iqbal menambahkan, bahwa kerjasama dengan STP Sahid Jakarta perlu dipelihara dengan baik dan ditingkatkan untuk masa mendatang.

“Melalui program diklat ini, pemko dan masyarakat Payakumbuh sungguh sangat berbahagia. Dari data yang diperoleh tingkat pengangguran di Payakumbuh mencapai 7,07%. Mudah-mudahan melalui kerjasama ini angka pengangguran semakin berkurang dan kerjasma dengan STP Sahid Jakarta semakin baik dan meningkat,” ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, persaingan dunia kerja dewasa ini semakin menantang. Kita dituntut profesional, memiliki motivasi yang tinggi, inovatif dan memiliki attitude yang baik sehingga menunjang peningkatan pelayanan publik pada perusahaan.

Iqbal juga berpesan kepada peserta diklat agar selalu bersyukur atas kesempatan yang diperoleh serta menghimbau para orang tua untuk mendukung dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan anak-anak mereka.

“Kepada peserta diklat patut untuk bersyukur atas kesempatan ini dan nantinya agar semakin meningkatkan dan mengembangkan potensi diri yang ada. Sedangkan untuk orang tua, diharapkan agar selalu mendukung dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan anak-anak kita. Semoga para peserta sehat, sukses dan berhasil. Ke depan tentu tidak tertutup kemungkinan menjadi pengusaha yang handal baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Iqbal mengakhiri sambutan Walikota.

Diklat pariwisata dan perhotelan pada tahap II ini berjumlah 31 orang, dan telah mengikuti pelatihan secara teori selama 3 bulan. Menurut informasi pihak STP Sahid Jakarta para peserta akan diberangkatkan magang pada September dan Oktober mendatang dalam beberapa gelombang, dan ditempatkan di sejumlah hotel di negeri jiran Malaysia selama lebih kurang 6 bulan.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*