Badan Statistik Pariaman Gelar Pelatihan

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY. COM-Badan Pusat Ststistik Kota Pariaman gelar pelatihan petugas pemutakhiran basis data terpadu.

PBDT 2015 dilaksanakan karena kebutuhan data sebagai dasar penentuan dan perencanaan program perlindungan sosial oleh pemerintah pusat bagi rumah tangga yang benar benar memerlukan bantuan agar dapat hidup dalam kondisi layak. Pelatihan tersebut di buka secara resmi oleh Walikota Pariaman Mukhlis R yang di gelar di aula pertemuan Hotel Nantongga Kota Pariaman, Sumbar, Rabu (10/6).

Walikota Pariaman Mukhlis R, data merupakan salahsatu komponen dasar dalam sebuah perencanaan pembangunan, apalagi menyangkut data jumlah penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan, data ini sangat di perlukan dalam melahirkan program perlindungan sosial di kota pariaman.

Ia menjelaskan, Pemerintah pusat melalui BPS akan melakukan pemuktahiran basis data terpadu (BPDT), yang dari awal melibatkan pemerintah daerah baik yang ada di provinsi maupun di kota dan kabupaten dan bersama dengan masyarakat dalam menentukan dan mengusulkan jumlah rumah tangga dengan Status Sosial Ekonomi terendah (SSE) di masing masing desa dan kelurahan.

Harapan Walikota, kepada Camat, Kepala Desa  Dan Lurah beserta perangkat dapat berkordinasi dengan petugas BPS  agar dapat memberikan data yang tepat sasaran dan seakurat mungkin jangan sampai ada data-data titipan, ungkapnya.

Sementara Kepala BPS Kota Pariaman Hilda mengatakan PBDT 2015 dilaksanakan oleh karena kebutuhan data sebagai dasar penentuan dan perencanaan program perlindungan sosial oleh penerintah pusat bagi rumah tangga yang benar benar memerlukan bantuan agar dapat hidup dalam kondisi layak.

Dijelaskan, pelatihan petugas PBDT 2015 yang dilaksanakan ini adalah merupakan salah satu rangkaian kegiatan pemuktahiran basis data terpadu 2015,

kegiatan PBDT 2015 di bagi menjadi 2 tahap, tambah Hilda,  tahap pertama menyelenggaraan Forum Konsultasi Publik (FKP), tahap kedua berupa pendataan rumah tangga calon penerima program hasil kesepakatan FKP, tandasnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*