330 Orang Masyarakat Terima Zakat Produktif

Penyerahan Zakat Produktif oleh Wakil Bupati Drs. H. Asyirwan Yunus M.Si kepada pengusaha kecil.

Penyerahan Zakat Produktif oleh Wakil Bupati Drs. H. Asyirwan Yunus M.Si kepada pengusaha kecil.

LimaPuluh Kota, PADANGTODAY.com-330 orang masyarakat yang bergerak di bidang usaha kecil di Kabupaten Lima Puluh Kota menerima bantuan berupa Zakat Produktif dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lima Puluh Kota. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Sarilamak, Selasa (13/1) dan dihadiri oleh Wakil Bupati Lima Puluh Kota Drs. H. Asyirwan Yunus, M.Si, Ketua BAZNAS Kabupaten Lima Puluh Kota H.Jayusman, S.Pd, M.M.Pd dan Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kankemenag Kabupaten Lima Puluh Kota Drs. Naharudin.

Disini Asyirwan Yunus menyampaikan bahwa hal ini merupakan salah satu bukti upaya dari BAZNAS untuk mendampingi Pemerintah Daerah dalam rangka mengentaskan kemiskinan, karena tujuan itu tidak akan bisa terwujud tanpa bantuan dari pihak lain.

Lebih lanjut disampaikan oleh Asyirwan Yunus bahwa masalah Zakat sebenarnya sudah lahir Perdanya yakni Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Zakat. “Memang kalau dilihat pendistribusian Zakat di Kabupaten Lima Puluh Kota ini dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, tinggal lagi yang patut kita berikan kepada si penerima Zakat adalah bagaimana cara pengelolaannya dengan lebih baik lagi,”kata Asyirwan.

Sementara itu Naharuddin juga mengatakan hal yang senada dihadapan masyarakat penerima Zakat tersebut dan dia juga menambahkan bahwa sebenarnya lembaga yang berhak dalam masalah Zakat baik itu pengelolaan maupun pendistribusiannya kepada masyarakat yang kurang mampu, salah satunya adalah BAZNAS. “Mudah-mudahan masyarakat penerima nantinya mampu mempergunakannya dengan tepat dan sebaik-baiknya,”tambah Naharuddin.

Sebelumnya Jayusman melaporkan bahwa pada tahun 2014 dana Zakat yang telah dikumpulkan mencapai nilai Rp.1,6 miliar lebih, dimana 98% dari jumlah tersebut berasal dari Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota. “Adapun dana tersebut sudah kita kucurkan dalam bentuk bantuan seperti Zakat Produktif, Zakat Konsumtif, Beasiswa dan lainnya,”kata Jayusman.

Acara Pendistribusian Zakat Produktif untuk Pengusaha Kecil ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Wabup Drs.H.Asyirwan Yunus, M.Si kepada masyarakat penerima, yang di antaranya adalah Ermen, warga dari Kecamatan Mungka yang menerima bantuan sebesar Rp. 1.000.000.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*