39.019 PEMILIH TMS DI PADANG

Padang-today.com -Sebanyak 39.019 orang yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) untuk memilih yang tersebar di sejumlah kecamatan Kota Padang.

Advertisements

“Jumlah pemilih TMS sebanyak 39.019 orang tersebar di berbagai kecamatan di Padang,”kata Yusrin Trinanda Divisi Program dan Data KPU Padang.

Ia menjelaskan, pemilih TMS paling banyak terdapat di Kecamatan Koto Tangah yakni sebanyak 7.778 orang, Kuranji 6.045 orang, Lubuk Begalung sebanyak 4.297 orang, Nanggalo sebanyak 4.515 orang

“Sedangkan pemilih TMS paling sedikit berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung sebanyak 581 orang,”ungkapnya.

Data tersebut diperoleh KPU dari hasil rekapitulasi sementara dari laporan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang sedang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit ) di lapangan.

“PPDP menyerahkan data ke KPU per sepuluh hari, karena data tersebut diolah dulu dari PPS hingga di teruskan ke KPU,”jelas Yusrin Trinanda.

Ia menyatakan,pemilih TMS yang tersebar di Padang ini dengan alasan karena ada pemilih yang meninggal dunia, ada yang sudah masuk anggota TNI/Polri, dan ada yang pindah domisili.

Pemilih TMS wajid di coret, proses pencoretan ini penting agar daftar pemilih yang TMS ini tidak bisa disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Sebaliknyya, kami tekankan bahwa pemilih yang sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam daftar pemilih juga harus diakomodir,”katanya.

Ia menjelaskan, keterangan TMS tersebut maka dengan demikian Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) tidak akan menyampaikan surat pemberitahuan memilih atau disebut surat model C6.

“Formulir C6 harus diberikan kepada warga yang tercatat sebagai DPT dan masih memenuhi syarat memilih,”katanya.

PPDP masih terus melakukan pencoklitan hingga 18 Feberuari 2018. Kepada PPDP, Yursin melanjutkan, KPU Padang mengingatkan untuk tetap bertugas secermat mungkin Itu mengingat data pemilih ini sangat dinamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*