39 Panwascam Dilantik, Utamakan Pencegahan, Baru Penindakan

Ketua Panwascam Suliki Dodi Syahputra dan Komisioner Bawaslu Provinsi Sumbar Surya Efritmen

Ketua Panwascam Suliki Dodi Syahputra dan Komisioner Bawaslu Provinsi Sumbar Surya Efritmen

Advertisements
Panwascam: Pengambilan sumpah dan pelantikan Panwascam se-Limapuluh Kota di Aula Kantor Bupati.

Panwascam: Pengambilan sumpah dan pelantikan Panwascam se-Limapuluh Kota di Aula Kantor Bupati (1)

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com–39 orang anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan di Limapuluh Kota, diambil sumpah dan dilantik serempak, Sabtu (4/7) di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota Bukik Limau Sarilamak. Pengambilan sumpah dan pelantikan yang urung dihadiri oleh satu pun Muspida yang diundang itu berjalan khidmat. Ibadah puasa Ramadhan ke-17 pun menambah suasana pengambilan sumpah kian bermakna.

Ketua Panwaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Noveharnis bersama Komisioner lainnya; Yoriza Asra dan Husnarti, membacakan sumpah Panwascam, kemudian diikuti oleh 39 Komisioner Panwascam yang dilantik. Dua orang perwakilan Panwascam menandatangani berita acara pelantikan.

Usai pengambilan sumpah dan pelantikan, Noveharnis mengatakan bahwa semenjak penerimaan syarat administratif, tes tertulis, lalu tes wawancara yang dilakukan dengan sebaik-baiknya itu, terpilihlah para Komisioner yang memiliki kecakapan di bidang kepemiluan dan pengawasan.

”Kami laporkan pada Komisioner Bawaslu Sumbar, Surya Yefritmen yang hadir dalam pelantikan Panwascam Kabupaten ke-3 di Sumbar hari itu, bahwa hasil seleksi menghadirkan banyak wajah baru. Meski pun di beberapa kecamatan masih ada Komisioner lama yang tetap terpilih sebab kecakapan dalam seleksi. Murni, tidak ada titipan siapa-siapa,” ujar Noveharnis yang mantan Sekretaris KPU Kota Payakumbuh itu.

Surya Yefritmen langsung menyambut bahwa ada tanggung jawab besar yang dipikul oleh seluruh Panwascam di 269 kabupaten/kota yang menyelanggarakan Pilkada di 9 Desember 2015. Maka, pengawasan harus dilakukan dengan prinsip pencegahan, setelah dilakukan pleno.

Ditambahkan oleh Noveharnis, bahwa dibutuhkan kekompakan sesama komisioner. Terpenting tugas Panwascam adalah mengawasi integritas penyelenggara Pemilu. Masing-masing Anggota Panwascam harus memiliki jiwa tarung, berani, dan istiqamah, serta meningkatkan komunikasi dengan seluruh stakeholder demi sukses pengawasan.

Ditegaskan oleh Surya Efritmen bahwa tugas penting Panwascam adalah memberikan saran, tidak membiarkan terjadinya pelanggaran, mencegah, dan menindak. Penindakan baru dilakukan dengan mengkaji, memeriksa, menilai, lalu memplenokan keputusan. Setelah pleno pun dikedepankan aspek pencegahan.

Hadir di Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Panwascam se-Kabupaten Limapuluh Kota ini Koordiv Sosialisasi KPU Limapuluh Kota Ilham Yusardi dan Sekretaris KPU H Irfan Fanshuri.
Pengawasan Melekat

Sejak dilantik Sabtu lalu, para Panwascam langsung bertugas. Tugas pertama mengawasi proses verifikasi administratif dan faktual dukungan Pasangan Bakal Calon Perseorangan yang tengah dilaksanakan di tingkat Panitia Pemungutan Suara di Nagari.

Koordinator Divisi Pengawasan, Yoriza Asra menerangkan bahwa ada perangkat pengawasan yang harus segera dijalankan oleh para Panwascam, setelah dilantik. Penugasan itu, ada dalam 3 formulir yang harus ditelusuri dan diisi oleh Panwascam berkoordinasi dan ikut memverifikasi faktual.

Di Kecamatan Suliki, Ketua Panwascam yang dipilih secara pleno oleh 3 Komisioner; Dodi Syahputra, Rini Sovia, dan Sirfida Efi Ningsih akhirnya memutus Dodi Syahputra menjadi Ketua sekaligus Koordiv SDM dan Umum. Koordiv Pengawasan dipegang Sirfida Efi Ningsih dan Koordiv Hukum dan Penindakan dipercayakan pada Rini Sovia.

Pun, demikian dengan Panwascam lainnya. Sesuai dengan jumlah kecamatan di Limapuluh Kota yang 13, ada 13 Panwascam dengan masing-masing 3 anggota. Selanjutnya diinformasikan oleh Noveharnis, akan dibentuk Pengawas Pemilu Lapangan untuk 1 Nagari 1 orang, lalu dibentuk kemudian Pengawas TPS di masing-masing TPS.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*