41 Walinagari Pensiun Akankah Pilwana Serentak 2014?

PILWAN Lima Puluh Kota

PILWAN Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com– 41 dari 79 Walinagari (Walnag) di Kabupaten Limapuluh Kota  berakhir masa jabatannya sampai akhir 2014. Sehingga, dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemilihan walinagari (Pilwana) untuk mengisi kekosongan yang kini dijabat Penjabat Walinagari. Namun, persoalan muncul, sebab pelaksanaan Pilwana masih dalam pengkajian, karena juga beriringan dengan Pilkada Bupati dan Gubernur 2015 nanti.

“Pelaksaan Pilwana direncanakan serentak untuk 41 nagari tersebut, hanya saja mungkin  hari pelaksanaan yang akan sedikit berbeda. Namun kita masih belum bisa memastikan kapan Pilwana akan digelar,” ungkap Kepala Bagian Pemerintahan Nagari, Herman Azmar tidak pasti, didampingi Kasubag Pengendalian Aparatur, Sukri Anda kemarin.

Apakah akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Bupati yang kemungkinan besar akan dilaksanakan pada awal tahun 2015 mendatang, mantan Camat Akabiluru itu, mengaku masih menunggu kajian dari Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. Kemungkinan dilaksanakannya pada tahun 2014 bisa saja terjadi.

“Kita masih mengkaji lebih jauh terkait pelaksanaan Pilwanag, mungkin saja akan dilakukan tahun 2014 ini atau 2015 nanti. Jika dilakukan pada tahun ini, tentu harus dianggarkan dalam APBD Perubahan segala keperluan yang menyangkut dengan Pilwana melalui pos anggaran di Kecamatan tempat masing-masing nagari berada,” kata Herman Azmar kepada wartawan.

“Tentunya memang waktu pelaksanaan itulah yang jadi salah satu pertimbangan nantinya, namun jika eksekutif juga telah mengajukannya pada anggaran perubahan tahun 2014 ini, tentunya kita DPRD akan membahasnya,”ucap Yakubis, anggota DPRD Limapuluh Kota di tempat terpisah.

Wakil Ketua Sementara DPRD Limapuluh Kota, Aida, saat ditanya soal kemungkinan Pilwana dipercepat lebih awal dilaksanakan sebelum Pilkada Bupati dan Gubernur, menjawab bisa saja. Karena menurutnya jika memang itu kebutuhan nagari dan pelaksanaanya tidak terlalu mepet dengan pelaksanaan pilkada, mengapa tidak.

“Jika memang sudah jadi kebutuhan nagari untuk dilaksanakan pilwanag lebih awal pada tahun ini, tentunya bisa diusulkan oleh eksekutif anggarannya pada perubahan nanti. Sehingga kita di DPRD juga akan melakukan pembahasan dan pengkajiannya,”pungkas srikandi Partai Demokrat itu.

Sedikitnya 41 nagari yang berada di 12 dari 13 Kecamatan berakhir masa pengabdian walinagarinya. Rinciannya, mulai dari Kecamatan Gunuang Omeh, Walinagari Talang Anau, Ali Nasrul Imam Batuah, sekarang di jabat Penjabat (Pj), Yarman.

Selanjutnya di Kecamatan Bukik Barisan, Walnag Sungai Naniang, Emlizar sekarang dijabat Pj, Jaswir, Koto Tangah, Zul Irfan Datuak Muncak kini dijabat Pj, Iswandi dan Banja Loweh, Iswardi, kini dijabat Pj, Apri Yulianto. Sementara di Kecamatan Suliki, Walinagari Suliki, H.Sabri kini digantikan Pj, Yerri putri dan Walinagari Kurai, Aswir Datuak Tanah Bosa dengan Pj, Zaimar Hakim.

Di Kecamatan Mungka, Walinagari Simpang Kapuak, Sahirman R Datuak Gadiang di jabat Pj, Irwan. Selanjutnya di Kecamatan Akabiluru, Walinagari Koto Tangah Batu Ampa, Ahmad Wajdi Datuak Bonsu nan Elok di jabat Pj, Yelsi Eka Putri. Walinagari Sariak Laweh, Jhon Hendri, kini Pj nya masih dalam tahap poengusulan, Walinagari Sungai Balantiak, Yuli Oktavianus dijabat Pj, Ramlan dan Walinagari Pauah Sangik, Ikal Hendra Datuak Momat dijabat Pj, Tarmis.

Seterusnya di Kecamatan Payakumbuh, Walinagari Koto Tongah Simalanggang, Khairil Hadi dijabat Pj, Fithrawati, Walinagari Koto Baru Simalanggang, Yosrizal di jabat pj, Syahrul Isman, Walianagari Sungai Baringin, Bachril Bachram di jabat Pj, Yurma Dewi dan Walinagari Simalanggang, Yondrivel Pj masih dalam proses pengusulan. Sementara di Kecamatan Luak, Walinagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Guntur, dijabat Pj, Mulyadi.

Kemudian di Kecamatan Lareh Sago Halaban ada 4 nagari yang masajabatan walinagarinya juga sudah berakhir yaitu, Walinagari Halaban, Hamdan dijabat Pj, Asdi, kemudian Walinagari Sitanang, Asmadi Taher Datuak Pangeran, Walinagari Balai Panjang, Muslim dan Walinagari Bukik Sikumpa, Zulkarnaini. Ketiga nagari ini masih dalam tahap pengusulan Pj.

Dua nagari di Kecamatan Situjuah Limo Nagori juga habis masa jabatan walinagarinya. Walinagari, Situjuah Banda Dalam, Bhenny Bhala Tamon di jabat Pj, Khayulifda dan Walinagari Situjuah Ladang Laweh, Tasman Datuak Tunaro Mudo yang kini dijabat Pj, Rahmat Fauzat.

Di Kecamatan Harau terdapat sembilan walnag yang juga habis masa jabatannya tahun ini, Tarantang, Azirman Datuak Mangkuto, kini dijabat Pj, Darul Husni, Sarilamak, Budi Febriandi, kini di jabat Pj, Sukarman, Solok Bio-Bio, Mulyadi, kini dijabat Adriwan Frima Putra, Harau, Tajul Fuad, di jabat Pj, Firdaus, Koto Tuo, Syahrial Datuak Sinaro Panjang, di jabat Pj, Abdinur, Bukik Limbuku, Burmadi, kini dijabat Pj, Suharto, Taram, Zulkifli, dijabat Pj, Gusnedy, Lubuak Batingkok, Y.Datuak Pangulu Bosa, kini dijabat Pj, Yetti Azwar dan Gurun, Nurweizet Dt Patiah, kini dijabat Pj, Irman.

Sementara di Kecamatan Pangkalan Koto Baru terdapat  5 nagari yang jabatan walnagnya juga berakhir, Walnag Koto Alam, AH Datuak Paduko Rajo, kini dijabat Pj, Aizar, Walnag Manggilang, Ridwan, dijabat Pj, Rabaini, Walnag Gunuang Malintang, Azirman Khatib, dijabat Pj, Zulkifli Lubis, Walnag Tanjung Balik, Zulmahdi, dijabat Pj, Edi Samora dan Walnag Tanjuang Pauah, Taufit JS, dijabat Pj, Rapita.

Terakhir di Kecamatan Kapur IX juga terdapat sebanyak 5 nagari yang masa jabatan walnagnya berakhir yaitu, Walnag Kotolamo, Nurdianis Nurdi, kini dijabat Pj, Aprizal, walnag Lubuak Alai, Yusarman, kini dijabat pj, Jhoni Yusuf, Walnag koto Bangun, Zarul Kasmi, kini dijabat Pj, Ifrizon, Walinagari Durian Tinggi, Ardianto, kini dijabat Pj, Saspianto dan Walnag Sialang, Asrizal,kini dijabat, Pj, Hairil.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*