43 Nagari di Padangpariaman Disetujui Kemendagri

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni Memberikan Ucapan Selamat Kepada Walinagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau Beberapa Waktu Lalu

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni Memberikan Ucapan Selamat Kepada Walinagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau Beberapa Waktu Lalu

Advertisements

Padang-today.com__Pemerintah Kabupaten Padangpariaman akan memiliki 103 pemerintah Nagari, dari 60 Nagari lama dan 43 nagari pemekaran akan menyusul. Kehadiran 43 nagari baru ini merupakan penantian panjang masyarakat yang nagarinya ingin dimekarkan.

” Alhamdulillah Dirjen Bina Pemerintahan Desa akan memberikan kode nagari baru pada tahun 2017 mendatang setelah Pemerintah Kabupaten menunjuk Pj.Walinagari dan perangkat serta sarana dan prasarananya. Insya Allah pada tanggal 19 Oktober 2016 mendatang seluruh Pj.Walinagari pemekaran tersebut akan dilantik,” ungkap Sekda Padangpariaman Jonpriadi kepada wartawan beberapa lalu.

Katanya, setelah mendapatkan kode nagari dari Dirjen Bina Pemerintah Desa, pihaknya diminta secepatnya instruksikan camat yang wilayah nagarinya dimekarkan untuk segera mengusulkan penjabat walinagari melalui surat Bupati Padangpariaman nomor 140/136/Pemnag/2016 tanggal 23 September 2016. Dengan adanya pemekaran nagari ini diharapkan gerak laju pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman akan bisa lebih dikebut lagi.

Jonpriadi yang kerap disapa Uncu ini kepada wartawan mengatakan, pembentukan 43 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman adalah merupakan aspirasi masyarakat yang diproses pembentukannya sejak tahun 2009, dan telah ditetapkan berdasarkan Perda No. 1 tahun 2013 tentang Pembentukan 43 Pemerintahan Nagari di Kab. Padang Pariaman tanggal 28 Februari 2013.

Sekda Padangpariaman Bersama Perangkatnya Ketika  memberikan keterangan diruang kerjanya beberapa waktu laluu

Sekda Padangpariaman Bersama Perangkatnya Ketika memberikan keterangan diruang kerjanya beberapa waktu laluu

Dijelaskan, Berangkat dari Perda No 1 tahun 2013 tentang pembentukan pemerintah nagari di Kabupaten Padangpariaman disahkan oleh Kementerian Dalam Negeri RI. Keputusan tersebut tertuang dalam berita acara Rapat Koordinasi Klarifikasi dan Verifikasi Terhadap Pengusulan Kode 43 (Empat Puluh Tiga) Nagari di Kabupaten Padangpariaman Provinsi Sumatera Barat yang ditandatangani oleh Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat dan Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman pada tanggal 26 September 2016 lalu.

“Penantian panjang untuk diakuinya 43 nagari pemekaran di Kabupaten Padangpariaman oleh Kementerian Dalam Negeri RI terjawab sudah, dengan adanya pemekaran nagari ini diharapkan gerak laju pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman akan bisa lebih dikebut lagi,” ungkap Uncu.

Katanya,terhadap pengusulan 43 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman yang belum memenuhi syarat karena belum adanya penjabat Wali Nagari dan Perangkat Nagari disebabkan Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman, menunggu penerbitan Kode Desa dari Kemendagri.

Menurutnya, keterlambatan peresmian pemekaran nagari karena ada salah persepsi dengan pihak Kemendagri. Di satu sisi menunggu kode desa, sementara pihak Kemendgari minta semuanya disiapkan mulai dari penjabat walinagari, perangkat nagari, kantor pemerintahan nagari.

” Alhamdulillah seluruhnya sudah dapat dituntaskan. Dengan demikian jumlah nagari di Kabupaten Padang Pariaman menjadi 103 nagari. 60 Nagari lama dan 43 lagi nagari pemekaran,” tandasnya. (suger)

Berikut nama-nama nagari baru di Kabupaten Padang Pariaman

Kecamatan V Koto Kampung Dalam
1. Nagari Campago Barat
2. Nagari Campago Selatan
3. Nagari Sikucur Utara
4. Nagari Sikucur Timur
5. Nagari Sikucur Tengah
6. Nagari Sikucur Barat

Kecamatan V Koto Timur
1. Nagari Kudu Ganting Barat

Kecamatan Batang Gasan
1. Nagari Malai V Suku Timur

Kecamatan Padang Sago
1. Nagari Koto Dalam Barat
2. Nagari Koto Dalam Selatan
3. Nagari Batu Kalang Utara

Kecamatan VII Koto
1. Nagari Lareh Nan Panjang Selatan
2. Nagari Lareh Nan Panjang Barat
3. Nagari Bisati Sungai Sariak
4. Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak
5. Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak
6. Nagari Limpato Sungai Sariak
7. Nagari Balah Air Utara
8. Nagari Balah Air Timur

Kecamatan Patamuan
1. Nagari Tandikat Selatan
2. Nagari Tandikat Barat
3. Nagari Kampung Tanjung Koto Mambang

Kecamatan Lubuk Alung
1. Nagari Sungai Abang Lubuk Aluang
2. Nagari Singguliang Lubuak Aluang
3. Nagari Salibutan Lubuak Aluang
4. Nagari Balah Hilia Lubuak Aluang

Kecamatan Batang Anai
1. Nagari Sungai Buluh Timur
2. Nagari Sungai Buluh Barat
3. Nagari Sungai Buluh Utara
4. Nagari Sungai Buluh Selatan

Kecamatan Nan Sabaris
1. Nagari Padang Kandang
2. Nagari Sunur Tangah
3. Nagari Sunur Barat
4. Nagari Kuraitaji Timur

Kecamatan Ulakan Tapakis
1. Nagari Padang Toboh Ulakan
2. Nagari Sungai Gimba Ulakan
3. Nagari Seulayat Ulakan
4. Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan
5. Nagari Sandi Ulakan
6. Nagari Kampuang Galapuang Ulakan

Kecamatan Sintuk Toboh Gadang
1. Nagari Toboh Gadang Selatan
2. Nagari Toboh Gadang Barat
3. Nagari Toboh Gadang Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*