6 Warga Yang Teridentifikasi Menjadi WNI Yang Ditangkap Di Turki

peta Turki

peta Turki

PADANGTODAY.COM – 6 Warga Jawa Barat teridentifikasi menjadi bagian warga negara Indonesia yang ditangkap di Turki karena hendak menyeberang ke Suriah. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan terkejut mendengar kabar itu. Aher, sapaan akrabnya, emoh kejadian itu terulang.

Dia meminta, warganya tidak mudah mengikuti ajakan orang yang tidak jelas. Karena modus bergabung dengan kelompok tertentu sudah beragam. Bahkan, bukan tidak mungkin 6 warga tersebut diiming-imingi pergi ke suatu tempat dengan janji manis.

“Apakah mereka direkayasa orang, atau sadar sendiri, kan sangat mungkin saja jika mereka diajak piknik atau bagaimana,” kata Aher di Gedung Pakuan Bandung, Selasa (17/3).

Dia meminta warganya tidak mudah terhadap ajakan yang tidak jelas tujuannya. “Semua pihak harus berhati-hati terhadap lingkungan sekitar. Jangan mau diajak dengan ajakan tidak jelas. Ya pokoknya yang enggak jelas jangan diikuti,” ungkapnya.

Dia mengaku akan menghubungi Kemenlu yang saat ini terus berkoordinasi dengan Badan Intelejen Negara dan Konsulat Jenderal Indonesia di Turki. Sebab dia belum mendapatkan instruksi lebih lanjut ihwal warganya yang diduga akan bergabung ISIS.

“Kita pantau terus. Saya mau komentar apa, kan belum tahu. Bagaimananya tunggu saja, tunggu kabar,” tandasnya.

(hhw/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*