708 Anggota Satgas Linmas Siap Amankan Pilkada Padangpariaman

 

Advertisements

PADANGPARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Pemerintah kabupaten Padang Pariaman menyerahkan 708 orang satgas LINMAS yang akan menjaga ketertiban, keamanan. Ketentraman masyarakat serta mensukseskan pemilihan kepala daerah serentak taggal 9 Desember Mendatang.

Penyerahan itu dilakukan dalam apel penyerarahan Satgas LINMAS dari Pemerintah kabupaten Padang Pariaman kepada Kapolres Padang Pariaman dan Kota Pariaman, di halaman kantor bupati IKK Parit Malintang (Kamis 3 Desember 2015). Dalam kesempatan itu juga dilakukan apel siaga bencana.

Bertindak selaku Inspektur Apel Kapolres Padang Pariaman AKBP Roedy Yulianto, S.Ik. MH. Apel juga dihadiri oleh Pj. Bupati Padang Pariaman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekda, Asisten ketua KPU dan kepala Badan dinas kantor dan bagian dan satgas linmas dan satgas bencana se kabupaten padang pariaman sebagai peserta apel.

Dalam amanatnya roedy mengajak seluruh satgas linmas turut berpartisipasi dan berpmenyampaikan Linmas diharapkan akan membantu keamanan, ketertiban, pada tingkat kecamatan dan nagari akan dapat berpartisipasi dan menjaga keamanan di Wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Lebih lanjut Roedy mengajak seluruh Satgas Linmas dan satgas bencana, untuk menjaga Netralitas dan menyatakan keyakinannya bahwa anda bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Satgas LINMAS dan dan siaga bencana terhadap bencana daerah, mengingat kita memasuki musim hujan dan potensi bencanan alam tentu juga sangat besar seperti banjir, tanah longsor, badai, angin ribut dan lain sebagainya.

Penyerahan Anggota Linmas ini ditandai dengan menandatangan nota penyerahan oleh Bupati Padang Pariaman dilanjutkan oleh kapolres Padang Pariaman dan polres Pariaman.

Sementara itu Pj. Bupati Rosnini Savitri saat dimintai keterangannya mengatakan, satu minggu lagi masyarakat Kabupaten Padang Pariaman akan melakukan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2015. yaitu memilih Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Bupati/Wakil Bupati Padang Pariaman masa jabatan 2016-2021.

Pilkada Serentak 2015 ini Pilkada Serentak pertama kali dilaksanakan dalam memenuhi amanat UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Demi keamanan pelaksanaan Pilkada tersebut, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bersama dengan aparat TNI dan Kepolisian di dua resort Kab. Padang Pariaman dan Pariaman akan menurunkan sebanyak 708 Satgas Linmas yang akan disebar ke suluruh wilayah Kab. Padang Pariaman yang terdiri dari 34 personil di tingkat kabupaten, 170 di tingkat kecamatan, 60 di tingkat nagari dan 444 di tingkat korong.

Sekaitan dengan pengamanan Pilkada Serentak 2015 yang dilaksanakan pada bulan musim penghujan, sama-sama kita ketahui bahwa daerah Padang Pariaman adalah daerah rawan bencana. Bencana banjir, longsor, angin ribut dan juga gempa bumi. Untuk itu, Satpol PP yang memiliki tugas dan tanggung jawab ketentraman dan ketertiban masyarakat turut membantu menjaga dan mengantisipasi potensi terjadinya bencana alam di bawah komando Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“BPBD sebagai SKPD penanggung jawab penanggulangan bencana dan pasca bencana harus siap sedia 24 jam memantau kondisi daerah yang rawan dari bencana alam ini, Linmas, Satpol PP dan aparat Kepolisian beserta TNI siap siaga bekerjasama bahu membahu membantu BPBD memantau dan bertindak cepat jika terjadi bencana.” harapnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*