74 Siswa-Siswi SMPN 1 Padang Panjang Ikut Khatam Al-Qur’an

Padang Panjang, Padang-Today.com – Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, BSBA diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Iriansyah Tanjung, SE, M.Si membuka secara resmi acara Pelaksanaan Khatam Tahfizh Ke 2 Serta Lomba Mata Pelajaran dan Tahfizh Tingkat SD se-PABASKO, Sabtu (27/1) di Halaman SMP Negeri 1 Padang Panjang.

Advertisements

Acara ini digelar untuk memperingati MILAD Ke-90 SMP N 1 Padang Panjang Tahun 2018 dan dihadiri oleh Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, BSBA diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Iriansyah Tanjung, SE, M.Si, Kementrian Agama yang diwakili Kasi PAI Drs. Editiawarman, M.Ag, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs. Afrizal, M.Pd, Kepala Sekolah SMPN 1 Padang Panjang Rita Yanti, S.Pd, Majelis Guru orang tua murid yang ikut Khatam Al-qur’an dan undangan lainnya.Iriansyah Tanjung dalam sambutan Walikota mengatakan, Pemerintah sangat mengapresiasi dengan digelarnya acara ini oleh SMPN 1 Padang Panjang, sebab acara ini merupakan upaya nyata dan sangat baik sekali dalam menyelamatkan generasi muda dari berbagai tantangan di era modern ini.

“Saya sangat bangga dengan digelarnya acara ini sebab dengan diadakan lomba Tahfizh ini dapat menjauhkan anak-anak kita dari LGBT, narkoba, pergaulan bebas dan tindakan asusila lainnya,” kata Iriansyah.

Iriansyah menambahkan, semoga dengan kegiatan hafalan Al-Qur’an yang diadakan ini banyak siswa yang tersentuh hatinya untuk ikut dan mereka juga dapat mengartikan serta memahami isi dari kandungan Al-Qur’an tersebut.

“Kami berharap para generasi penerus ini dapat meningkatkan ilmu pengetahuannya agar terhindar dan terselamatkan dari segala bentuk perbuatan maksiat, dijauhkan dari berbagai godaan hidup didunia, dan kami ucapkan selamat Milad untuk SMPN 1 Padang Panjang, semoga sekolah ini menjadi lebih baik untuk kedepannya,” tutup Iriansyah.

Sementara itu Kasi PAI Drs. Editiawarman, M.Ag mengatakan, sebanyak 74 anak di SMPN 1 Padang Panjang sudah mampu menghafal Al-quran dari mulai 1 jus hingga beberapa jus.

“Kita sangat bersyukur sekali anak-anak penerus di Kota Padang Panjang ini sudah mulai menghafal Al-Qur’an, ini lah bukti peran dari adanya kegiatan Tahfizh Al-Qur’an, mari kita lebih tingkatkan dan ajak anak-anak kita untuk mengikuti kegiatan ini,” kata Editiawarman.

Dengan adanya kegiatan ini, “semoga anak-anak kita jauh dari semua kenakalan di dunia dan saya harap semua Sekolah dapat menerapkan program “One Day One Ayat” dimana setiap siswa wajib menghafal satu hari satu ayat,” tutup Editiawarman.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Padang Panjang Rita Yanti menjelaskan, kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2012 dimana saat itu anak-anak yang ikut khatam Al-qur’an sebanyak 50 orang dan di Tahun 2018 ini sebanyak 74 Siswa dan Siswi yang ikut Khatam Al-Qur’an.

“Alhamdulillah setiap tahunnya kami tidak henti-hentinya melaksnakan kegiatan ini, apalagi setiap tahunnya anak-anak yang ikut khatam bertambah, dan semua kegiatan yang kami adakan Alhamdulillah lancer sampai saat ini,” ujar Rita.

Dari 74 Siswa dan Siswi yang ikut khatam Al-Qur’an, 20 diantaranya merupakan Siswa Laki-laki dan 54 lainnya Perempuan, serta diantara anak-anak ini terdapat 15 orang anak yang masuk kategori tahfizh terbaik, tambah Rita.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dari anak-anak kita dan tentunya kegiatan ini dapat menjadi contoh yang baik untuk sekolah-sekolah lainnya,” tutup Rita. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*