Bapaslon Fakhrizal-Genius Umar Belum Serahkan Berkas

Padang-today.com – Bakal Calon Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Fakhrizal-Genius Umar jalur perseorangan belum menambahkan berkas dukungan berupa elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP)

Advertisements

“Hingga Senen (27/7) pukul 11
58 WIB belum masuk tambahan berkas dukungan pasangan Fakhrizal-Genius Umar,”kata Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani ketika di hubungi media.

Menurut dia, Calon perseorangan menyerahkan surat pernyataan dukungan pasangan calon perseorangan yang disebut Formulir Model B.1-KWK Perseorangan dengan ditempelkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) atau dilampiri surat keterangan pada Formulir tersebut dibuat dalam dua rangkap, satu asli dan satu fotocopy.

“Lalu diserahkan juga Surat Pernyataan Daftar Nama Pendukung Bakal Pasangan Calon Perseorangan atau yang disebut Formulir Model B.1.1-KWK perbaikan yang dicetak dari Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dan ditandatangani oleh Bakal Pasangan Calon serta dibubuhi materai Rp.6000,- Dibuat dalam dua rangkap, satu asli dan satu salinan,”jelas Izwaryani.

Dia menambahkan, penyerahan tambah berkas dukungan pasangan calon perseorangan hari ini terakhir hingga pukul 24.00 WIB.

“Pelaksanaan penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan ini diawasi langsung oleh Bawaslu Sumbar,”imbuh di.

Sementara itu lanjut dia untuk pemeriksaan berkas tersebut mengerahkan sebanyak 400 orang berasal dari kalangan mahasiswa ditambah sejumlah staf 50 orang dari Bawaslu.

“Kita tidak mau ada kendala dalam menerima berkas perbaikan, maka sejak awal kita sudah mempersiapkan tenaga untuk menerima dan memeriksa,”jelas Izwaryani.

Dia menyatakan, bila berkas datang siang, maka langsung diperiksa, namun bila tengah malam maka periksaan berkas dilakukan hari esok.

Untuk periksaan administrasi dilakukan hingga 4 Agustus 2020. Setelah itu dilakukan verifikasi faktual, untuk dilakukan hingga 8 Agustus 2020.

“Tentang verfak dukungan perbaikan, ada penjelasan dari KPU-RI mengacu peraturan KPU no.3 dimana verifikasi faktual tidak lagi dilakukan secara sensus tetapi dilakukan secara kolektif,”ucap dia.

Sementara itu Fadli salah seorang tim pemeriksa berkas menyebutkan ada 400 orang untuk memeriksa berkas, semua berasal dari kalangan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Sumbar.

“Tim pemeriksa berkas ini membuat surat pernyataan tidak terlibat partai politik atau masuk dalam tim sukses bakal calon kepala daerah ikut Pilkada 2020,”kata dia.

Disisi lain Genius UmarBUmar Wakil Gubernur Sumbar jalur perseorangan ketika dihubungi media menyatakan berkas kekurangan sudah disiapkan di posko pemenangan namun berkas tersebut tidak di antarkan ke KPU.

“Kekurangan berkas tersebut tidak diserahkan, silahkan saja KPU jemput berkas yang telah disiapkan di posko pemenangan,”tegas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*