9 Bulan Tak Digaji, Karyawan Merpati Unjuk Rasa

karyawan-merpatiJakarta, PADANGTODAY.com – Puluhan karyawan PT. Merpati Nusantara Airlines (Persero) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR guna menuntut hak-hak normatif yang belum diterima selama 9 bulan. Hal ini sesuai dengan rekomendasi panitia kerja Merpati Nusantara Komisi VI DPR pada 2 Juli 2014.

Karyawan meminta Kementerian BUMN dan Keuangan, segera mempercepat program restrukturisasi dan revitalisasi PT Merpati Nusantara Airline yang tengah terlilit utang secara menyeluruh, konsisten dan berkelanjutan. Mereka berharap, perusahaan pelat merah tersebut dapat kembali beroperasi menerbangi wilayah-wilayah terpencil dan pedalaman Indonesia.

“Kementerian BUMN dan kementerian keuangan harus segera menentukan nasib masa depan Merpati dan karyawan, apakah tetap menjadi karyawan Merpati yang dibayarkan gajinya atau sebagai karyawan yang di PHK dengan diberikan pesangon yang layak ditambah kompensasi (denda) selama 9 bulan lebih tidak digaji,” kata Panitia Kerja Merpati Nusantara Komisi VI DPR, Erik Satya Wardhana di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/9).

Hasil Panja Merpati komisi VI DPR meminta kementerian BUMN untuk menyelesaikan permasalahan Merpati secara tuntas dengan catatan perusahaan tetap beroperasi. Selain itu, mengajukan langkah-langkah meminta BPK melakukan audit investigasi terhadap Merpati. Dan meminta KPK mengusut tuntas masalah pengadaan MA-60 PT MNA dari Xian aircraft industri pada tahun 2010. yang terindikasi korupsi.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*