94 Prajurit Kodim 0306/50 Kota Negatif Narkoba

Tes Urine Prajurit Kodim 0306-50 Kota

Tes Urine Prajurit Kodim 0306-50 Kota

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Prajurit TNI Kodim 0306/50 Kota kembali melakukan tes urine secara mendadak usai apel, Minggu (27/3). Tes urine membuat prajurit Kodim kaget. Tes dilakukan secara acak bagi 94 anggota TNI dari 174 orang yang ikut apel.

Namun, dalam tes urine tersebut, tidak satupun anggota yang ditemukan menggunakan narkoba. Namun, jika ditemukan ada anggota yang menggunakan maupun sebagai pengedar narkoba, Dandim akan melakukan tindakan tegas.

Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Inf Heri Sumitro, kepada wartawan, Senin (28/3), mengatakan, tes urine ini sengaja dilakukan secara mendadak, agar hasil yang didapat bisa akurat.

“Memang sengaja kita melakukannya tes urine secara mendadak. Sampel diambil oleh perwira seksi administrasi Kapten Inf Sunarko. Tes yang dilakukan ini, sebagai bentuk untuk meminimalisir peredaran narkoba,” ujarnya.

Menurutnya, tes urine ini dengan pengamanan dari Provost Kodim 0306/50 Kota, tiga orang anggota Subdenpom I/4-1 Payakumbuh dan empat orang anggota BNN Payakumbuh, dipimpin Ade Fianora.

“Satu persatu anggota Kodim 0306/50 Kota baik dari Perwira, Bintara dan Tamtama melaksanakan tes urine. Hal ini sebagai wujud untuk mengetahui adanya amphetamin, benzodioxipham serta morpin yang mungkin terkandung dalam hasil urine anggota kita,” katanya.

Apel luar biasa yang diperintahkan Dandim 0306/50 Kota ini sempat membuat kaget anggota Kodim 0306/50 Kota. Mereka tidak menduga akan dilakukan tes urine secara mendadak di lapangan apel Kodim 0306/50 Kota.

Meski sempat kaget, anggota yang ikut dalam apel tidak terlalu kawatir dengan kegiatan tersebut. Pasalnya, mereka yakin hasil tes yang dilakukan tidak membuktikan menggunakan obat terlarang.

Kegiatan tes urine yang dilakukan secara mendadak ini, diyakini akan dapat menjaring oknum anggota Kodim 0306/50 Kota yang dimungkinkan sebagai pengguna maupun pengedar narkoba.

“Mereka tidak akan bisa mengelak dengan penjagaan ketat dari Provos Kodim 0306/50 Kota dan anggota Subdenpom I/4-1 Payakumbuh. Jadi, kita inginkan semua prajurit bebas dari pengaruh buruk narkoba. Dan TNI siap jadi contoh tauladan bagi masyarakat. Untuk itu, kita pastikan jika anggota kita tidak ada yang terlibat narkoba. Baik pemakai maupun pengedar. Jika ada TNI yang terlibat, tidak akan ada toleransi,” jelas Heri.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*