ACIKITA Gelar Seminar Internasional di Kota Pariaman

 

Advertisements

Pariaman, PADANGTODAY.com-Siswa tugas utamanya adalah belajar, belajar dan belajar, selain itu juga membentuk karakter diri menjadi anak-anak bangsa yang mandiri, produktif, kreatif dan inovatif, demikian disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara Seminar Internasional Pendidikan Tahun ke 7 ACIKITA dengan mengangkat tema Berbagi Informasi Sistem Pendidikan di Jepang yang diadakan di Aula Balaikota Pariaman, Senin (24/8).

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman juga mengatakan Seminar ini merupakan kali ke dua dilaksanakan di Kota Pariaman, hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi para pelajar,guru dan kepala sekolah yang mencari informasi tentang system pendidikan di jepang yang menjadi Negara yang mempunyai SDM yang mumpuni. Diharapkan informasi yang didapat bisa diaplikasikan di dalam metode pendidikan yang ada di Kota Pariaman, sehingga kedepan dapat menghasilkan para siswa-siswi yang berkarakter dan mempunyai kepribadian dan ilmu yang bermanfaat, jelasnya.

“ Kota Pariaman telah mempunyai program Wajib Belajar 12 tahun yang menggratiskan biaya pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Umum, ditambah dengan Bis Sekolah Gratis yang mengantar dan menjemput para pelajar yang ada di Kota Pariaman ke Sekolah yang tersebar di Kota Pariaman, sehingga para pelajar dapat fokus untuk belajar, “ tukas Mukhlis Rahman.

Sedangkan dalam sambutan Ketua Internasional ACIKITA (Aku Cinta Indonesia Kita) yang lulusan S2 di Tokyo Institute of Technology, Dr. Eng. Jumiarti Agus, M.Si mengatakan bahwa ACIKITA berdiri pada tanggal 4 Oktober 2006 di Tokyo Jepang, telah menyelenggarakan seminar internasional di seluruh Indonesia sejak tahun 2008 yang melakukan kegiatan berdasarkan permintaan dari daerah tersebut. Dan untuk tahun 2015 ini Sumatera Barat menjadi tuan rumah dalam ajang ACIKITA Internasional Conversy Sains and technology (AIS), yang diselenggarakan pada tanggal 27-29 Agustus 2015 di Kampus Unand Padang, mari mempercepat kemajuan pendidikan di Indonesia dengan mengenal system pendidikan di jepang, ujarnya.

Acara ini diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari para guru SD, SLTP/MTS dan SMU/MA serta siswa SLTP/MTS dan SMU/MA se-Kota Pariaman. Acara ini terselenggara berkat kerjasama ACIKITA dengan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah) Kota Pariaman yang dihadiri langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Ketua DPRD John Edwar, Sensei Morita asal jepang ACIKITA Jepang, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman Yutrizal Khatib, Kadis Pendidikan Kanderi. (J/eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*