Agam Sukses Menjadi Tuan Rumah Finish Etape IV TdS 2014

Pebalap TdS 2014 saat melewati kelok 44 Kabupaten Agam

Pebalap TdS 2014 saat melewati kelok 44 Kabupaten Agam

Agam, PADANGTODAY.com – Kabupaten Agam, sukses menjadi tuan rumah Finish etape IV Tour de Singkarak 2014 pada Selasa (10/6) kemarin. pada Etape IV tersebut, pembalap memulai start dari Kota Bukittinggi dengan menempuh jarak sepanjang 165 km dan melalui Kecamatan Banuhampu, Sungaipua, Padangpanjang, Sicincin, Sungailimau, Batubasa, Padanglariang, Lubukbasung, Maninjau, Kelok 44, Matur dan finish di Lawang Adventure Park.

Berbagai persiapan telah dilakukan sebelumnya oleh berbagai pihak terkait di Kabupaten untuk mensukseskan iven Internasioanl tersebut, dengan menyiapkan lebih dari 400 orang personil pengamanan, yang terdiri dari personil kepolisian, TNI, satgas BPBD Agam, Satpol PP, Dishub serta dari berbagai SKPD di Kabupaten Agam.

Ratusan personil pengamanan tersebut di sebar di berbagai titik yang akan dilalui oleh pembalap berdasarkan rute yang telah ditetapkan oleh panita, mulai dari persimpangan jalan, lokasi keramaian seperti pasar, serta di kelok 44 sampai lokasi Finish yang menjadi pusat dari acara penyambutan.

Selain itu, berbagai umbul-umbul, spanduk, marawa juga menghiasi setiap kecamatan di Kabupaten Agam yang akan dilalui oleh pembalap TdS Etape IV, serta tak kalah pentingnya adalah antusiasme masyarakat Agam yang menyambut iring-iringan para pembalap saat melewati rute TdS, sorak-sorai masyarakat termasuk pelajar yang memberikan semangat seakan meberikan tenaga tambahan bagi para pembalap dari berbagai Negara yang bertarung untuk mencapai garis finish.

Di Etape IV TdS, para pembalap disuguhkan dengan keindahan alam kabupaten Agam yang sudah dikenal oleh mancanegara, diantaranya keindahan danau maninjau dan kelok 44 yang menjadi rute paling menantang bagi para pembalap. Selain itu Agam memiliki kekayaan alam yang melimpah, seperti danau, gunung dan laut dengan luas sekitar 2.232.00 km2.

Setelah menempuh jarak sepanjang 165 km dan menaklukkan kelok 44, kemudian para pembalap disambut oleh wakil Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sapta Nirwandar, Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim, Bupati Agam Indra Catri serta Unsur Muspida Plus Kabupaten Agam di lokasi Laang Park , Puncak Lawang kecamatan Matur.

Untuk memeriahkan acara penyambutan peserta, pemkab Agam telah menyiapkan berbagai kesenian tradisional, seperti tambua tansa, tari tradisional minagkabau, serta peserta disuguhkan dengan berbagai macam kuliner khas Kabupaten Agam.

Bupati Agam , Indra Catri saat penyerahan hadiah kepada pembalap TdS di lokasi finish Etape 4 TdS di Lawang Park, mengatakan, bahwa untuk event Tour de Singkarak (TdS) pada 2015 mendatang, Kabupaten Agam siap bukan hanya menjadi lokasi finish, namun siap juga bila dipercaya untuk menjadi tuan rumah lokasi start. Hal itu dikatakan Bupati karena Agam memiliki kekayaan alam yang melimpah serta pesona alam yang beraneka ragam, mulai dari laut, gunung, danau serta kelok 44. Dengan itu semua, Pemkab Agam sudah siap menjadi tuan rumah lokasi Grand Opening dan finish TdS pada 2015.

“Rencana tersebut telah saya sampaikan kepada Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar. Kita berharap semoga Kabupaten Agam dapat menjadi tuan rumah sekaligus tempat finish pada TdS tahun 2015 nanti,” ujar Indra Catri.

Untuk mendukung hal itu semua, Pemkab Agam telah memperbaiki serta menyiapkan segi infrastruktur pembangunan jalan sehingga para pembalap merasa nyaman dan tidak terganggu saat melewati rute di Agam.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dan beberapa pejabat saat menikmati pemandangan indah Danau Maninjau Kabupaten Agam

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dan beberapa pejabat saat menikmati pemandangan indah Danau Maninjau Kabupaten Agam

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengakui, bahwa keindahan rute TdS di Agam sangat indah dan menantang bagi pembalap.

“Keindahan kelok 44 dan danau maninjau yang tidak ada negara lain, menjadi keindahan tersendiri bagi para pembalap dan official dari berbagai negara yang hadir pada TdS tahun ini, untuk itu, kita harap tahun depan Agam dapat dijadikan start sekaligus finish di Lawang Park ini” kata Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sapta Nirwandar. (adv/martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*