Agar Kulit Tak Cepat Keriput Rajinlah Konsumsi Dark Chocolate

dark chokoPADANGTODAY.com – Pilih buah dan sayuran yang kaya antioksidan untuk mencegah radikal bebas.Menjaga kulit tetap awet mudah bisa dilakukan melalui makanan sehat yang dikonsumsi teratur.

Sinar matahari, polusi, dan pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab utama kulit mulai kering dan kusam. Konsumsi sayuran ini mulai hari ini agar kulit kencang dan sehat.

1. Wortel dan tomat
Asupan sayuran dan buah banyak direkomendasikan karena kandungan seratnya bisa memperlancar pencernaan dan memberi rasa kenyang lebih lama. Studi di Skotlandia menemukan orang yang meningkatkan konsumsi buah dan sayuran 3 porsi sehari selama 6 minggu memiliki kulit yang lebih sehat. Hal tersebut karena kandungan karotenoid dalam wortel, tomat, semangka, dan bayam.

2. Kacang kedelai
Ganti camilan gorengan dengan edamame rebus atau hidangan berbahan dasar tahu. Studi tahun 2007 menemukan wanita paruh baya yang mengonsumsi setidaknya 85 gram kedelai setiap harinya selama 12 minggu menunjukkan pengurangan keriput dan peningkatan kekencangan kulit.

3. Dark chocolate
Bagi yang suka melakukan kegiatan di luar, imbangi dengan ngemil dark chocolate. Sebuah studi kecil tahun 2009 menemukan partisipan yang mengonsumsi hot chocolate setiap harinya selama 12 minggu merasakan pengaruh buruk sinar UV lebih kecil dibanding partisipan lannya. Senyawa flavanol bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, mencegah kulit menjadi merah, dan kelembapan kulit pun semakin meningkat.

4. Minyak Kelapa
Banyak supermodel menyatakan rahasia rambut lembut dan tubuh langsing mereka didapatkan dari minyak kelapa. Studi dari tahun 2004 menemukan minyak kelapa baik untuk mengobati kulit kering dan terkelupas. Kandungan lipid nya yang tinggi berarti bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering.

5. Telur
Diolah menjadi orak arik atau telur mata sapi, telur sangat baik untuk kulit. Studi tahun 2009 menemukan dua antioksidan dalam telur bisa melipat gandakan perlindungan kulit dari sinar UV. Karena paparan sinar matahari bisa mempercepat penuaan kulit seperti garis halus dan vlek.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*