Air Di Bumi Lebih Dulu Lahir Dari Matahri

air2PADANGTODAY.com – Untuk mengungkap keberadaan planet-planet alien yang berpotensi untuk ditinggali manusia, peneliti berhasil menemukan teori baru yang cukup menghebohkan. Mereka berpendapat bila air di bumi sejatinya lebih tua dari matahari.

Beberapa teori yang berhubungan dengan asal mula bumi diketahui menyatakan bila air yang menjadi pendukung kehidupan manusia berasal dari meteorit-meteorit yang menghantam bumi miliaran atau ratusan juta tahun yang lalu. Batuan angkasa tersebut ditengarai mengandung benih-benih air berupa kristal es.

Umur dari matahari saat ini adalah 4,5 miliar tahun, tetapi peneliti beranggapan bila kristal-kristal air yang menjadi bibit air bumi lebih dulu lahir dan ‘berpetualang’ di angkasa.

Komposisi dari benih-benih air tersebut dinyatakan memiliki komposisi yang mirip dengan awan dan gas-gas luar angkasa yang telah lebih dulu ada saat alam semesta terbentuk, dengan kata lain air mungkin terdapat di tata surya atau galaksi lain. Hal ini tak pelak meningkatkan peluang penemuan air di exoplanet atau planet-planet di luar sistem tata surya kita.

Menurut Profesor Tim Harries dari Universitas Exeter, cara untuk mempercepat penemuan planet alien yang cocok untuk tempat tinggal manusia adalah dengan menganalisis warisan air bumi, termasuk proses pembentukan awalnya. Dengan begitu peneliti dapat membandingkan kondisi lingkungan yang cocok untuk merangsang pembentukan air di sebuah planet.

Keberadaan air adalah hal vital yang sampai saat ini diyakini sebagai salah satu syarat terjadinya evolusi bagi makhluk hidup.

Tim gabungan ilmuwan internasional menggunakan simulasi komputer untuk mengetahui formasi awal air sebelum tata surya lahir. Penelitian tersebut diperkuat dengan riset lanjutan terhadap beberapa sisa-sisa komet dan asteroid menggunakan beberapa satelit. Mereka menemukan bila air purba mengandung unsur hidrogen unik yang hanya bisa ditemukan di awal proses terbentuknya sebuah galaksi.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*