Akhir Januari, Seleksi Festival Piala Danone 2016 Dihelat Payakumbuh

Tavril Syamri, Kabid PNFI Kota Payakumbuh

Tavril Syamri, Kabid PNFI Kota Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Festival Piala Danone Nation Cup 2016, Wilayah III Sumatera Barat, segera akan ditabuh di Payakumbuh. Sabtu dan Minggu, 30-31 Januari 2016 mendatang Lapangan Bola Kubu Gadang Kota Payakumbuh akan ramai oleh puluhan klub dan Sekolah Sepak Bola yang akan berlaga.

Lapangan bola akan dibagi, paling sedikit dua lapangan seluas 40 x 60 meter guna pertandingan yang dihelat dalam setengah kompetisi sistem pool. Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Tavril Syamri dan Kasi Organisasi Kesiswaan Irwanto Dt Parmato Dirajo, yang ditunjuk menjadi pelaksana kegiatan oleh pihak Danone, menerangkan kesiapan, Selasa (14/1) di ruang kerjanya.

Sementara ini, persiapan penyelenggaraan terus dipacu oleh Tavril Syamri di bawah komando Kadis Pendidikan Hasan Basri dan dilaksanakan oleh Irwanto Dt Parmato Dirajo dan panitia lainnya. Soalan wasit dan pelaksana, meski tidak disediakan honor khusus telah siap. Wasit seutuhnya ditanggung oleh Danone dan diambil serta direkrut dari Payakumbuh.

”Festival Aqua Danone National Cup (AQUADNC) 2016 untuk wilayah seleksi Payakumbuh yang mewadahi Bukittinggi, Agam, Pasaman, Payakumbuh, dan Limapuluh Kota kita gelar dari pukul 8.00 pagi sampai sore. Dua hari pelaksanaan mulai 30 Januari sampai 31 Januari. Sistem Pool. Peserta diperkirakan 60 tim dan klub,” ujar Tavril Syamri.

Festival Wilayah III yang difokuskan bagi 16 klub ini akan diseleksi dari banyak SSB dan klub. AQUADNC 2016 lainnya akan dilaksanakan di Padang, Pessel, Tanahdatar, Padang Pariaman, Solok. Batas pendaftaran dengan usia kelahiran 2004-2005, 12 tahun. Final tingkat dunia nanti akan diikuti anak usia 13 tahun.

Pendaftaran terakhir 24 Januari 2016. Pendaftaran dari klub dan sekolah dengan verifikasi dokumen diri. Makanya, meski di luar wilayah seleksi SSB atau klub yang mendaftar dan pemainnya hanya bisa sekali ikut, sebab pendaftaran online sedunia.

Panitia sendiri mengaku membuka diri, bagi pedagang dan penyelenggara kegiatan untuk menggelar dagangan sehubungan dengan sepakbola; baju kaos, sepatu bola, aksesoris, atau ide kegiatan lain yang akan meramaikan kegiatan ini, semacam lomba mewarnai gambar sepakbola.

Danone sendiri berjanji akan menambah pembiayaan jika lebih dari 80 tim yang ikut serta. Batas minimum 36 tim. Wilayah III Payakumbuh; Bukittinggi, Agam, Pasaman, Payakumbuh, Limapuluh Kota. Boleh diimbuh pendaftaran oleh klub dan SSB daerah lain. Hanya saja, yang pendafataran hanya bisa sekali.

Diterangkan Irwanto Dt Parmato Dirajo, ketua pelaksana, bahwa seleksi akhir 1 banding 5. Dari 5 tim akan lolos ke tingkat provinsi 1 tim saja. Pemain untuk setiap tim berjumlah 12 orang terdaftar, yang main 8 pemain. Lapangan 40 x 60 meter. Waktu pertandingan 2 x 15 menit, selesai.

Sistem setengah kompetisi diterapkan. Maka, peluang untuk lolos makin besar di pool masing-masing. Ditabuh mulai dari jam 8 pagi sampai sore.

”Insya Allah, Walikota Payakumbuh H Riza Falepi akan membuka langsung Festival AQUADNC di Payakumbuh ini,” tutur Tavril Syamri.

Dinas Pendidikan sendiri berharap kerjasama dengan Disparpora sebagai motor penggerak, muncul. Sebab, kata Tavril Syamri, selaku instansi pemerintah yang tepat di pelaksanaan kegiatan ini, Disparpora dan Dinas Pendidikan, berkolaborasi.

Perlu Semeja

Pelatih sepakbola, Pendi Sutan, berkomentar perlu seluruh elemen berkepentingan duduk semeja. Banyak persoalan prinsip dan mendasar dari olahraga yang meng-Indonesia; sepakbola di Payakumbuh. Seluruh stakeholder; Pemko, Dinas Olahraga, Dinas Pendidikan, KONI, PSSI, SSB, Klub perlu satu kata demi sepakbola.

”Saya lihat, jika persoalan-persoalan di Payakumbuh, tentang sepakbola ini masih soalan kerumitan, apa dan siapa saja. Mari duduk bersama, tegakkan sportivitas, demi kemajuan sepakbola kita. Di luar Payakumbuh, nama Payakumbuh disegani oleh insan sepakbola. Hanya saja di tubuh kita sendiri? Mari kita jawab bersama,” tukuk Pendi Sutan.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*