Akibat Tanggul Jebol, Puluhan Kios Terendam

Advertisements

Padang-today.com___Banjir melanda pasar Sungai Limau, Kenagarian Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau Padangpariaman, Sumbar, 27/07/2018 dini hari mengakibatkan penghuni kios di pasar tersebut terendam dengan meluapnya air bah setinggi lutut orang dewasa.

Meluapnya air bah sekitar pukul 11.00 WIB, dan surut sekitar pukul 14.00 Wib mengakibatkan puluhan penghuni kios di pasar tersebut kocar – kacir menyelamatkan dagangganya dari amukan air bah yang datang dari batang air Kuranji.

“Banjir ini akibat kiriman dari daerah tetangga. Dengan tingginya curah hujan di daerah Sungai Geringging dan sekitarnya itu, sehingga pasar sungai limau terendam. Selain itu, para pedagang yang ada di pasar tersebut kocar-kacir menyelmatkan dagangganya,” kata Daris Koto salah satu tokoh masyarakat setempat.

Hujan pertama kali turun, dimalam hari hingga siang ini baru reda. Banjir yang tidak membawa kerugian jiwa ini, diduga dari jebolnya tanggul batang air kuranji. Akibat air bah tersebut masyarakat yang berdomisili di sekitar aliran sungai tersebut terendam oleh air bah tersebut.

“ Tingginya curah hujan di daerah tetangga tersebut membuat pasar dan pemukiman warga di sekitar itu terendam banjir. Selain itu, banjir diduga akibat jebolnya tanggul batang kuranji,” ujarnya.

Akibat banjir tersebut, jelas Darisman, para pedagang yang akan melakukan aktifitasnya terganngu, begitu juga dengan transportasi di Terminal Pasar Sungai Limau, angkot antar desa tidak dapat masuk terminal.  “Akibat meluapnya air bah, pedagang mengalami kerugian puluhan juta rupiah,” tandasnya menghakiri.

Dipihak lain, Uyun (54) salah satu penghuni pasar Sungai Limau mengatakan, kedalam air di sekitar kawasan aliran sungai tersebut hampir mencapai 2 meter, hingga mengakibatkan 220 kios, 30 rumah warga belakang pasar dan 1 rumah ibadah Masjid Raya terendam banjir.

Dari pantauan www.padang-today.com dilapangan, 400 hektare sawah warga juga ikut terendam di korong Padang Bintungan dan Korong Lampanjang terancam gagal panen, serta 25 ekor ternak sapi hanyut dan berhasil diselamatkan. Kerugian sementara diperkirakan sekitar 700 juta. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*