Ali Mukhni : Narkoba Bunuh Generasi Muda

Padangpariaman,padangtoday.com-Peredaran gelap narkoba semankin hari semakin mengkhawatirkan. Sudah banyak tercatat para pemakai dan pengedar narkoba memenuhi Lembaga Pemasyarakat, bahkan tidak sedikit para generasi muda di negeri ini meninggal dunia secara sia-sia karena memakai narkoba. Hal ini disampaikan Bupati Padangpariaman Ali Mkukhni ketika menjawab www.padangtoday.com  di IKK Parit Malintang Padangpariama Sumbar, Sabtu (1/8/2015)

Advertisements

Ali Mukhni menghimbau seluruh masyarakat untuk memberantas peredaran narkoba di nagari maupun korong. Ia menilai Penyalahguna narkoba tidak saja dari kalangan orang berada saja tetapi juga telah merambah pada kalangan orang tidak mampu sekalipun ada yang kecanduan. Akibatnya, karena membutuhkan uang untuk memperoleh barang haram itu akhirnya kebanyakan melakukan perbuatan kriminal. Sangat disayangkan generasi muda sekarang yang seharusnya menjadi kekuatan potensial bangsa dan negara tanpa disadari mulai digeregoti. Angka kasus penyalahgunaan narkoba, misalnya, didominasi kalangan pelajar dan mahasiswa.

Dijelaskan, narkoba tidak hanya menjadi masalah nasional,namun telah menjadi masalah internasional dan menjadi musuh global kedua setelah terorisme. “Narkoba adalah isu yang kritis dan rumit yang tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak saja. Karena narkoba bukan hanya masalah individu namun masalah semuaorang. Mencari solusiyang tepat merupakan sebuah pekerjaan besar yang melibatkan dan mobilisasi semua pihak, baik pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan komunitas lokal,” ujarnya.

Ia menambahkan, Wilayah Padangpariaman yang berada di perlintasan dan memiliki Bandara Udara Internasional Minangkabau menjadikan daerah ini sangata rawan terhadap peredaran dan penjualan maupun pemakai narkoba.

“Sangat penting sekli agar kita bekerja bersama dalam rangka melindungi anak dari bahaya narkoba dan memberikan alternatif aktifitas yang bermanfaat seiring dengan menjelaskan kepada anak-anak tentang bahaya narkoba dan konsekuensi negatif yang akan mereka terima,” jelas Ali Mukhni.

Dikatakan, Kita telah berkoordinasi dengan pihak berwajib bahwa saat ini tidak ada satu nagari pun yang terbebas dari peredaran barang haram tersebut. Tentunya ini sangat memprihatinkan, karena yang menjadi korban adalah anak kemenakan kita sendiri, ujarnya.

Ali Mukhni juga apresiasi pihak kepolisian yang telah menangkap pelaku pengedar narkoba di wilayah hukum Padang Pariaman. Ia berharap peran serta masyarakat perlu ditingkatkan dalam pemberantasan narkoba.

“Pemberantasan narkoba perlu kerja sama dengan masyarakat. Jika ada yang mendengar maupun melihat transaksi narkoba, segera lapor kepada kepolisian terdekat” kata Bupati yang juga Ketua LSM Pekat Indonesia Bersatu Prop. Sumbar itu.

Selain itu, Ali Mukhni meminta pemerintah nagari juga membuat peraturan nagari mengenai pemberantasan penyakit masyarakat yang sangat meresahkan seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, perjudian, pencurian dan kekerasan.

Semangat melawan narkoba inilah diperlukan untuk mendobrak para pemuda dan organisasi kepemudaan di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat untuk kembali memiliki tekad dan semangat yang kuat agar dapat membebaskan dari ancaman narkoba. Sebab setiap kelemahan yang ada akan selalu dimanfaatkan oleh para sindikat narkoba untuk selalu melemahkan sendi-sendi keuatan pemuda. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*