Ali Mukhni Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bedah Rumah

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni Peletakan Batu Pertama Bedah Rumah

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni Peletakan Batu Pertama Bedah Rumah

Advertisements

Padang-today.com__Bupati Padangpariaman Ali Mukhni melakukan program bedah rumah warga nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging, tak menyangka kedatangan orang nomor satu di Padang Pariaman itu untuk program bedah rumah bekerja sama dengan BAZNAS Padang Pariaman.

Kedatangan Bupati untuk melihat kondisi tempat tinggal Rosmani bersama lima orang anaknya tergolong rumah tidak layak huni.

Rosmini mengaku, saat ini dia tinggal pada sebuah rumah yang berdinding terpal dan kayu. Rumah berukuran 3 mx 5 m sudah puluhan tahun ditempatinya. Di rumah tersebut, tambah Rosmani, juga tinggal dua kepala keluarga yaitu anak dan menantunya.

“Karena ada dua keluarga rumah kami buat sekat dengan kain dan terpal” Katanya,Selasa 27-09-2016.

Rosmaini bersama lima orang anaknya ini sangat terharu dan bersyukur dengan adanya bantuan dari pemerintah Padangpariaman untuk pembangunan rumahnya.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan, terima kasih pak, impian kami untuk memiliki rumah yang layak huni segera terwujud”, kata Rosmini dengan mata berkaca kaca.

Bupati Padang Pariaman H. Ali Mukhni saat peletakan batu pertama bedah rumah itu menyampaikan, bedah rumah ini merupakan program Baznas yang dananya berasal zakat ASN Padang pariaman. Adapun bantuan bedah rumah yang diberikan sebesar Rp. 12.500.000 dan kemudian ditambah satu juta rupiah atas nama Bupati beserta keluarganya.

“Ibu bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasihlah kepada ASN Padang pariaman yang peduli dengan sesama masyarakat” kata Ali Mukhni yang didampingi Ketua BAZNAS Syamsuadi Surma dan Kabag Humas Hendra Aswara.

Pada kesempatan itu, Ali Mukhni mengajak masyarakat untuk turut membantu pengerjaan bedah rumah dengan cara bergotong royong baik moril maupun materil.”Mari kita gorokan bedah rumah ini, bagi yang tidak sanggup dengan dana, bantu dengan tenaga” ujar Ali Mukhni seraya merogoh kantongnya ikut membantu Rp. 1 juta.

Ali Mukhni mengatakan bahwa menurut data Badan Pusat Statistik, di Padang pariaman terdapat 1.171 rumah tidak layak huni yang butuh penanganan segera agar dapat hidup sehat dan layak. Ia mengaku telah meminta bantuan kepada Pemerintah Pusat serta penambahan anggaran pada APBD.

“Kita komit untuk program bedah rumah dalam percepatan pengentasan kemiskinan” kata Peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Sementara Ketua Baznas Padang Pariaman, Syamsuardi surma , menyampaikan, untuk tahun ini Baznas merencanakan untuk membantu 40 unit rumah layak huni untuk 40 keluarga miskin.

“Untuk bedah rumah, BAZNAS punya Program Padang Pariaman Makmur untuk membantu rumah tidak layak huni” kata Mantan Kabag Organisasi itu.

Sementara Wali Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Mayuni Dt. Kamulie melaporkan bahwa daerahnya yang dihuni sekitar 687 Kepala Keluarga. “Dari 687 KK itu terdapat 60 Rumah tidak layak huni. Atas nama warga kami mohon bantuan Pemda dan donatur” kata Mayuni.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*