Ali Mukhni, Tingkatkan Pengawasan Terhadap Anak

Wakil Bupati bersama rombongan saat disambut pada acara peleakan batu pertama

Wakil Bupati bersama rombongan saat disambut pada acara peleakan batu pertama

Padang-today.com__Mencegah dampak negatif penggunaan internet dikalangan anak muda, Bupati Ali Mukhni meminta orang tua untuk memantau anak-anak dalam mengakses internet.

Bahkan bila perlu orang tua mengecek riwayat situs yang dibuka oleh anak pada malam hari setelah anak-anak tidur. Dikatakannya bahwa  peran orang tua sangat signifikan agar anak menggunakan internet untuk hal yang positif.

“Jadi ketika anak sudah tidur, cek saja HP mereka, lihat situs apa saja yang dibuka seharian” kata Bupati Ali Mukhni di Kantornya, Parit Malintang, Rabu (31/8).

Orang nomor satu di Padang Pariaman mengakui bahwa perkembangan dan kecanggihan teknologi semakin tidak bisa
dibatasi untuk itu orang tua mesti protektif dan jeli agar anak terhindar dari dampak negatif inernet, seperti LGBT, Pornografi dan kekerasan seksual.

Begitu juga dengan penggunaan media sosial, kata Ali Mukhni, agar orang tua berdiskusi dengan anak mengenai teman yang dikenal melalui akun Facebook, Whatsapp, BBM, dan lain sebagainya.

“Sudah banyak kita baca berita, ada anak yang baru kenal di Facebook, lalu ketemuan kemudian dibawa lari dan mengalami kekerasan seksual. Ini tidak boleh terjadi lagi” kata Peraih penghargaan Ksatria Bhakti Husada dari Presiden RI.

Ditambahkannya bahwa orang tua harus curiga apabila anaknya suka mengurung diri dan mengabiskan waktu berlama-lama bermain internet atau game di dalam kamar. Peran orang tua mengajak anak berdikusi dan buat kesepakatan akses internet apa saja yang boleh dan mana yang dilarang.

“Orang tua harus peka apabila anak sudah berjam-jam tidak keluar kamar, tanyakan kemudian buat perjanjian dengan anak agar menggunakan internet untuk hal positif saja” kata Mantan Pengajar di SMU 10 Padang itu.

Ia berharap generasi muda Sumatera Barat ke depan adalah generasi yang sehat jiwa dan raganya serta berprestasi. Selain itu juga menjadi narkoba sebagai musuh utama dan tidak terpengaruh perilaku menyimpang yang biasa disebut LGBT.

“Anak adalah titipan Allah, jangan sampai salah dalam mendidik” ujar Bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*