Alumni Pondok Pesantren Ringan-ringan Gelar Temu Akbar

Suasana kegiatan Temu Alumni di Pesantren.

Suasana kegiatan Temu Alumni di Pesantren.

Advertisements

PADANGPARIAMAN,PADANGTODAY.COM- Para alumni Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di Indonesia  ini untuk terus mengamalkan ilmu yang diperoleh di pesantren ini.Hal ini disampaikan Pendiri Ponpes Nurul Yaqin Ringan ringan Syekh Muda H Ali Imran Hasan disaat menghadiri silaturrahmi akbar dan Halaqah Nasional Ulama Keluarga Besar Ponpes Nurul Yaqin Senin (27/07/2015) di Pakandang.

“Sejak tahun 1960 telah berdiri pesantren ini, telah banyak mencetak para tuangku  yang tersebar di berbagai wilayah, di setiap wilayah tersebut para tuangku harus mengajar dan mempunyai jamaahnya masing-masing, sehingga demikian pesantren ini akan terus maju dan berkembang pesat sampai akir zaman nanti,” ucap Syekh Muda H Ali Imran Hasan di hadapan para alumni yang hadir dari berbagai daerah.

Disebutkan Buya para alumni harus tetap membaca kitab dan buku yang menjadi rujukan dan pedoman pesantren ini. Ilmu yang didapat dikembangkan terus kepada orang-orang sekitar. Apa yang diperintahkan kerjakan, dan apa yang dilarang tinggalkan.

“Jika semua itu telah dilakukan Insya Allah kita selamat dunia dan akhirat. Dalam hidup ini kita harus banyak berdo’a kepada Allah Swt, sebab orang yang tidak mau berdo’a   adalah orang yang sombong, jadilah orang yang penyayang jangan jadi orang pemarah,” harap Buya.

Ketua Yayasan Pembangunan Islam El Imraniyah (PYII) Ringan-Ringan, Drs Idarussalam Tuanku Sutan menyambut  baik diselenggarakannya acara ini.

“Alhamdulillah ramai para alumni yang hadir pada acara ini, meskipun ini baru pertama kalinya diselenggarakan, acara ini momentnya sangat tepat sekali pada saat lebaran,  tujuannya memperkuat kembali hubungan antara alumni dengan pimpinan dan keluarga besar Ponpes Nurul Yaqin yang tersebar di berbagai daerah,” tutur Idarussalam Tk Sutan yang saat ini  dipercayai oleh Bupati Padang Pariaman memegang jabatan sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Sementara itu, Bupati  Padang Pariaman yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Jonpriadi,SE.MM mengatakan, peran ulama di tengah-tengah masyarakat sangat besar sekali untuk membimbing ummat. Apalagi saat ini banyak pengaruh atau paham-paham yang masuk ke daerah kita.

“Pemkab Padang Pariaman sangat mendukung program atau acara yang dilaksanakan seperti sekarang ini, mari kita jadikan Islam sebagai “Rahmatan Lil Alamin” untuk menangkis segala bentuk dan paham yangtidak baik bagi kita bersama, pada kesempatan baik ini Pemkab  membantu sebanyak Rp10 juta,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Silaturrahim Akbar Rahmat Tuanku Sulaiman dan Ketua Alumni Pesantren Nurul Yaqin, Akmaluddin Tuanku Labai Mudo bahwa acara seperti ini sangat bagus sekali buat kemajuan dan perkembangan pesantren ini kedepan. Oleh karena ini acara perdana, mungkin masih ada kekurangan di sana-sini, kedepan acara ini dikemas  dengan sebaik mungkin. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*