Amnsmen: Penetapan DCS Balon DPD Kewenangan KPU-RI

    Padang-today.com – KPU-RI berwenang menetapkan daftar calon sementara (DCS) dan pemberian nomor urut bakal calon anggota DPD RI.

Advertisements

“KPU Sumbar sudah menyerahkan dokumen balon anggota DPD-RI ke KPU-RI, untuk penetapan DCS dan nomor urut bukan kewenangan kami,”kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen saat dihubungi.

     Sesuai jadwal, lanjutnya KPU RI setelah menerima dokumen dari kami, maka segera menetapkan DCS dan pengumuman DCS. “Tahapan itu dijadwalkan pada awal Bulan September 2018 dilakukan KPU-RI. Untuk penyusunan DCT oleh KPU RI pada 14 -20 September 2018 , sedangkan penetapan DCT pada 20 September 2018.

    “Untuk penetapan no urut pada 21 September, kemudian ada pengumuman DCT pada 21-23 September 2018, dilanjutkan dengan proses kampanye hingga 13 April 2019,”ujar Amnasmen.

   Amnasmen menjelaskan, pihaknya telah selasi melakukan verifikasi vaktual (vertual) syarat dukungan balon DPD RI. Vertual itu dilakukan oleh KPU kabupaten dan kota.

“Vertual perbaikan juga telah dilaksanakan dan sudah diserahkan ke KPU dan berita acaranya akan kami disampaikan lagi ke balon DPD RI pada 29-31 Agustus 2018,”ungkapanya.

Sementara itu, soal keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengharuskan Caleg DPD RI yang harus mundur dari kepengurusan di partai politik (Parpol) Ketua KPU Sumbar Amnasmen menyatakan, ada tujuh balon anggota DPD-RI terindikasi pengurus parpol.

“Pihaknya sudah menyampaikan nama-nama terindikasi pengurus parpol ketika penyerahan berkas perbaikan balon anggota DPD-RI,”katanya.

   Ia menjelaskan, balon anggota DPD-RI harus menyerahkan surat pengunduran diri paling lambat 30 Agustus 2018.

Legalisasi surat keputusan (SK) pemberhentian pengurus parpol harus sampaikan sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT) pada 20 September artinya pada 19 September 2018 balon wajib menyerahkan pada KPU Sumbar.

    “Bila balon anggota DPD-RI tidak menyerahkan surat pengunduran diri pengurus parpol menjelang DCS dan satu hari menjelang DCT maka konsekuensi nya yakni KPU tidak memasukan namanya dalam DCS dan tidak dimasukan DCT,”tegas Amansmen.(*der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*