Anak Muda Sedang Demam Foto Selfie Di Sekitar Masjid Al Aqsa

ilustrasi

ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Kebiasaan swafoto (selfie) bukan fenomena baru di Palestina. Generasi muda di Tepi Barat maupun Jalur Gaza sudah akrab dengan telepon pintar.

Namun, ada yang berbeda sepanjang Ramadan tahun ini. Anak muda sedang demam foto selfie di sekitar Masjid Al Aqsa di Komplek Bait Suci, Yerusalem.

Shorouq (18) remaja perempuan dari Tepi Barat mengaku beberapa kali ikut tren selfie di Kuil Batu dan Masjid Al Aqsa. Alasannya, dia khawatir pada selentingan warga Palestina akan dilarang masuk ke komplek tempat suci itu oleh Tentara Israel tahun depan.

“Bisa saja ini Ramadan terakhir kami di Masjid Al Aqsa,” kata Shorouq
Mulai ramadan tahun ini, Otoritas Zionis sudah membatasi jumlah jamaah muslim Palestina yang bisa masuk ke kawasan Bait Suci. Cuma 80 ribu umat muslim dari Gaza dan Tepi Barat yang diizinkan menggelar salat tarawih di Masji Al Alqsa.

Ibtisam Thaher, perempuan muslim yang mukim di Yerusalem, punya alasan lain untuk berselfie di tempat suci itu. Dia punya banyak saudara di Kota Ramallah, Tepi Barat, yang dilarang Israel beribadah di Al Aqsa.

Ibu dua anak ini melakukan swafoto sambil memegang kertas bertuliskan ‘menara masjid Al Aqsa memanggil kalian saudaraku’.

“Saudara saya ingin beribadah di Al Aqsa, tapi mereka tidak memperoleh izin masuk,” kata Thaher.

Kendati Israel menguasai Yerusalem, sesuai perjanjian internasional, puncak bukit Bait Suci tidak boleh dimasuki umat Yahudi. Mereka hanya boleh berdoa di Tembok Ratapan, bawah bukit lokasi Masjid Al Aqsa. Jika Zionis tidak membatasi jumlah umat muslim, biasanya ada ratusan ribu warga Palestina masuk ke wilayah Bait Suci.

Bagi umat Islam, Masjid Al Aqsa di Yerusalem adalah masjid suci ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi. Bagi umat Yahudi, tempat itu juga adalah lokasi suci dikenal dengan nama Kuil Bukit. Mereka mengklaim di masa lalu tempat itu adalah dua kuil Yahudi bersejarah.

(ard/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*