Anak Nagori Limbukan Bersiap “Barolek Gadang”

Kota Payakumbuh-Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Sebanyak 17 Pangulu di Kenagarian Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh, bakal barolek gadang selama empat hari dalam rangka mambangun soko atau batagak pangulu, gelar acara tersebut dimulai 1 – 6 Mei 2015 mendatang di halaman Balai Adat Nagori setempat.

Advertisements

Hal tersebut diketahui setelah diinformasikan Kabag Kesra Setdako Yon Refli SSos MAP belum lama ini di Balaikota Payakumbuh kepada media ini. Dikatakannya lagi bila tidak ada aral melintang InsyaAllah Gubernur Sumatera Barat Bpk.Irwan Prayitno akan hadir bersama LKAAM Sumbar untuk pengukuhan pangulu dimaksud, ujar Yon Refli.

Untuk suksesnya kegiatan itu berbagai persiapan sudah dilakukan seluruh anak nagori Limbukan tampak sibuk bahu membahu mulai dari pembenahan Balai Adat sampai pada persiapan kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya, tukuk Yon Refli.

Di tempat terpisah Ketua KAN Limbukan TH Dt Sati Nan Mangiang didampingi Ketua Panitia F.Dt.Sinaro Dirajo menjelaskan beberapa acara yang akan dilaksanakan dalam alek Nagori tersebut diantaranya 4 Mei, Maarak Kobau, mambantai, Manggulai, Basaluang, 5 Mei, Baarak-arak jo bendi dan 6 Mei Maanta dulang sekaligus pengukuhan oleh Gubernur Sumbar.

Ditambahkan TH DT Sati Nan Mangiang, seluruh Ninik mamak, Bundo Kanduang, Tokoh masyarakat dan Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan, Anak Nagari saling bersinergi baik partisifasinya maupun kekompakan dan kebersamaan dalam menyukseskan alek Nagori ini sangat terlihat dan menjadikan modal yang sangat berharga. Mudah-mudahan seluruh rangkaian acara nantinya akan berjalan sukses dan lancar, simpulnya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*