Anggota Korpri Agar Beri Layanan Terbaik Kepada Masyarakat

PADANG,PADANGTODAY.COM – Sebagai abdi negara, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tergabung ke dalam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) diharapkan dapat memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan pelayanan yang
optimal itu, nantinya masyarakat akan merasa memiliki rasa tanggungjawab terhadap bangsa. Demikian antara lain dikatakan Walikota Padang
H. Mahyeldi Dt Marajo di sela-sela peringatan Hari Ulangtahun Korpri ke-44 di pelataran parkir Stadion H. Agus Salim Padang, Senin (30/11).

Advertisements

Lebih jauh dikatakannya, apabila ASN dapat membantu melayani masyarakat dengan baik, nantinya masyarakat akan merasa memiliki pemerintah. Dan
apabila masyarakat merasa memiliki pemerintah, nantinya masyarakat otomatis akan merasa memiliki negara.
“Sehingga nantinya dengan sendirinya akan tumbuh rasa bertanggungjawab terhadap bangsa. Sebab untuk mempertahankan bangsa ini tidak bisa tanpa dukungan masyarakat dan melalui Korpri juga nantinya. Ketika
Korpri memberi layanan terbaik, pada gilirannya nanti masyarakat akan merasa memiliki negara,” sebut Mahyeldi.

Sementara itu, dalam pidato Presiden RI dalam rangka HUT Korpri ke-44 yang dibacakan Walikota Padang, Korpri menentukan baik buruknya pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Pengharapan masyarakat saat ini terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik sangat besar.
“Karenanya ASN dituntut untuk mampu memberikan pelayanan publik yang semakin cepat, mudah, terjangkau dan
terukur,” katanya.

ASN juga diharapkan melakukan percepatan reformasi birokrasi di semua tingkatan. Hal ini dilakukan dengan reformasi birokrasi tanpa basa-basi. Mencari terobosan serta cara-cara baru dengan menghindari busines as usual.

“Berbagai upaya perbaikan harus terus dilakukan dari hulu sampai hilir, baik pada area perubahan mental aparaur, kelembagaan, ketatalaksanaan, SDM aparatur, akuntabilitas maupun area perubahan pelayanan publik,” katanya.

Selain itu ASN juga ditekankan supaya membangung mentalitas baru yang positif, berintegritas, memiliki etos kerja dan berjiwa gotong royong. POla pikir dan mentalitas lama dan negatif mesti dibuang jauh-jauh.
“Jadikan revolusi mental sebagai gerakan bersama seluruh anggota Korpri, bukan sebatas program atau proyek yang digerakkan oleh anggaran,” sebutnya.

ASN diharapkan juga mempersiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif, dan responsif terhadap perkembangan zaman.

“Pangkas semua kerumitan birokrasi serta pastika masyarakat mendapatkan pelayanan terbak dengan kualitas tinggi dan waktu yang cepat,” sebutnya.

Netralitas ASN juga mendapat perhatian penting, terutama pada saat pesta demokrasi yang tak lama lagi dihelat. “Saya mengharapkan ASN benar-benar menjaga netralitas serta tidak
menggunakan fasilitas pemerintah untuk kepentingan kampanye Pemilukada,” sebutnya.

Aparatr birokrasi juga diharapkan menjadi motor penggerak produktifitas nasional dan daya saing bangsa. “Kita telah memasuki era baru, era persaingan yang bukan lagi antar daerah, antar kota atau antar provinsi, tetapi sudah memasuki persaingan antar negara,” ucapnya.

Pada akhir peringatan HUT Korpri ke-44 di halaman parkir Stadion H. Agus Salim itu jug bertabur hadiah. Seluruh pemenang yang mengikuti rangkaian lomba yang digelar Korpri Kota Padang
diserahkan langsung oleh Walikota Padang.(c/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*