Anggota Panitia Seleksi Calon KPK : Pimpinan KPK Harus Dilindungi Dari Upaya Kriminalisasi

Gedung kpk

Gedung kpk

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Natalia Subagyo, mengatakan bahwa pimpinan KPK harus dilindungi dari upaya kriminalisasi, terlebih perkara remeh-temeh yang terkesan mencari-cari kesalahan.

Natalia mengatakan, perlindungan terhadap KPK itu telah diatur dalam Jakarta Statement on Principles for Anti-Corruption Agencies.

“Sudah disepakati lembaga-lembaga antikorupsi di dunia, salah satu unsur adalah pimpinan KPK harus dilindungi dari malicious and criminal proceeding, yaitu perbuatan kriminal yang beritikad buruk yang mempunyai itikad tidak baik berupa rekayasa, cari-cari kasus,” kata Natalia dalam konferensi pers di Gedung KPK, Selasa (28/7/2015).

Natalia mengatakan bahwa pimpinan KPK harus memiliki integritas dan keberanian agar KPK bisa bergerak secara efektif dan bersih serta terbebas dari upaya kriminalisasi dari pihak-pihak yang ingin menekan KPK.

“Suatu lembaga antikorupsi bisa bergerak, berkiprah efektif, pimpinan harus selain punya integritas, keberanian, harus dijaga agar tidak diganggu criminal atau civil proceeding yang remeh-temeh yang tidak berkaitan dengan kegiatan mereka,” kata Natalia.

Pansel KPK juga meminta lembaga lain memeriksa rekam jejak 48 calon sudah lolos seleksi pada tahap-tahap sebelumnya.

Lembaga tersebut adalah Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

(dar/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*