Antisipasi Macet Parah, Dishub Rancang ATCS Traffic Light

VendaPadangpanjang, Padangtoday—Merupakan salah satu daerah destinasi wisata dan terletak pada persimpangan kabupaten kota, Padangpanjang kerap menjadi sasaran kemacetan setiap akhir pekan atau momentum liburan. Hal ini menyebabkan kondisi lalin di tiga persimpangan utama selalu menjadi simpul kemacetan dari berbagai sisi arus kendaraan.

Advertisements

Kepala Dinas Perhubungan Komunkasi dan Informatika (Dishubkominfo), I Putu Venda mengatakan tengah merancang pengembangan kontrol pengaturan lalu lintas memanfaatkan peralatan Close Circuit Television (CCTV) yang telah difungsikan sejak beberapa waktu belakangan.

Melalui peralatan CCTV pada traffic light di tiga persimpangan utama di kota berjuluk Serambi Mekkah itu. Sedikitnya saat ini telah terpasang 6 unit CCTV yang terbagi masing-masing 3 unit di dua persimpangan tersebut, yakni di persimpangan Kampung Baru Kelurahan Silaing Atas dan simpang PDAM kawasan pusat kota.

“Saat ini Dishub telah mengaktifkan 9 unit CCTV. Dua di antaranya difungsikan guna memantau kondisi lalu lintas di dua persimpangan traffic light, yakni di Simpang Kampung Baru dan Simpang PDAM kawasan pasar,” terang Venda kepada Padang Today di ruangan kerjanya, Senin (15/2) kemarin siang.

Berkaitan dengan pengembangan ke depan terhadap pengendalian arus lalu lintas di dua titik paling berpotensi terjadinya macet tersebut, Venda menyebut tengah merencanakan penggunaan Area Traffic Control Sistem (ATCS). Namun penggunaan sistem tersebut perlu pengkajian matang bersama pihak berkompeten karena sangat berkaitan dengan kelancaran lalu lintas dan keamanan pengguna jalan.

Melalui sistem tersebut dikatakannya, hanya dengan pengawasan camera CCTV dapat dilakukan pengendalian traffic light secara manual melalui operator pada Dishubkominfo. Di antaranya saat momentum liburan, menggunakan ATCS dapat mempercepat atau memperlambat pengaturan traffic light tersebut.

“Sistem ATCS ini tentu sangat bermanfaat agar pengendalian macet dapat dilakukan secara manual oleh operator. Namun secara tekhnis pelaksanaannya, hal ini tentu tidak mudah karena bisa saja menimbulkan berbagai risiko dalam lalu lintas. Karena itu kami belum bisa mengusulkan dalam kegiatan, sebab harus dilakukan kajian matang bersama pihak-pihak berkompeten,” ujar Venda.

Sementara saat ini dikatakannya, keberadaan pemasangan 6 unit CCTV di traffic light telah sangat membantu dalam berbagai sisi aktivitas lalu lintas. Bahkan melalui CCTV tersebut, Dishub juga dapat memonitor tindak pelanggaran yang dilakukan pengemudi nakal seperti parkir kendaraan yang tidak pada tempatnya.

“Melalui CCTV tidak hanya bermanfaat memantau pelanggaran oleh pengemudi, namun juga dapat mengetahui pelaku tindak kejahatan. Salah satu titik pemasangan lainnya, yakni 3 unit CCTV di lingkungan Pasar Padangpanjang yang berfungsi untuk mengawasi tata kelola perparkiran serta pengawasan keamanan pasar dari berbagai kemungkin tindak kejahatan,” pungkas Venda. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*