Api Akibat Obat Nyamuk Mencemaskan, Nyaris Hanguskan Rumah Pensiunan Guru

Kebakaran - Ilustrasi

Kebakaran – Ilustrasi

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Rumah permanen milik pensiunan guru di Jalan Sudirman No 04 RT 04 RW 02 Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Selasa (14/4) sekitar Pukul 10.40 WIB pagi, nyaris jadi abu. Api obat nyamuk bakar yang terpasang di salah satu kamar di rumah itu lupa mematikannya sehingga kasur dan dipan serta tikar di kamar itu hangus.

Beruntung api yang membakar kasus dari kapuk itu mengeluarkan asap tebal sehingga cepat diketahui tetangga sebelah rumah dan lansung mendobrak pintu untuk melakukan pemadaman api yang belum besar. Mobil Damkar Kota Payakumbuh cepat sampai di lokasi, sehingga api segera dipadamkan. Api hanya membakar kasur dan dipan di satu kamar itu saja.

Sementara pemilik rumah Jasmainir Juli (70), pensiunan guru di salah satu sekolah di Payakumbuh itu saat kejadian sedang berada di kebunnya di wilayah Mudiak Kabupaten Limapuluh Kota.

“Yang terbakar hanya kasur, dipan dan, tikar yang ada di kamar cucunya. Diduga karena api obat nyamuk bakar yang lupa dimatikan. Sementara pemilik rumah saat kejadian sedang tidak berada di rumah, kekebun di Mudiak,” jelas Camat Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh Nofriwandi, kepada wartawan Selasa (14/4) kemarin.

Disampaikan camat, api tidak membesar karena yang dihabiskan hanya kasur yang berisi kapuk, sehingga menimbulkan asap tebal dan cepat diketahui warga sekitar.

“Diketahui terbakar, saat masyarakat setempat melihat asap membubung keluar dari rumah itu. Tanpa pikir panjang tetangga sekitar lansung berdatangan kelokasi dan mendobrak pintu kemudian mencoba mematikan api yang belum besar. Sehingga api tidak membesar. Ditambah Damkar cepat datang kelokasi,” jelas Camat Berprestasi ini.

Ditaksir kerugian berkisar Rp3 juta rupiah. Seperti diketahui, lokasi di RT 04 RW 01 itu kondisi penduduk cukup padat. Sehingga dikhawatirkan bila kebakaran terjadi di lokasi itu, bisa berdampak luas.

“Lokasi itu padat penduduk, beruntung api cepat dipadamkan,” jelas camat.
Sementara Kepala UPTD Damkar Payakumbuh, Ah Dion, membenarkan ada kebakaran satu kamar rumah di kelurahan Koto Dibaruah.

“Benar ada kebakaran kamar rumah, jadi api cepat bisa dijinakkan sehingga tidak menimbulkan kebakaran yang besar,” jelasnya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*