Armen Pimpin Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016 tingkat Kota Pariaman

armen memasangkan perlengkapan kepada petugas SE2016
PARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Melalui Sensus Ekonomi 2016 ini, akan menjadi tolak ukur bagi kita, untuk mengevaluasi program-program pengembangan ekonomi yang telah kita lakukan, dan hal ini dapat menjadi isu strategis dalam menyangkut peluang dan tantangan serta kekuatan dan kelemahan yang secara langsung maupun tidak langsung mendukung tercapainya tujuan pembangunan yang dirumuskan berdasarkan RPJMD Kota Pariaman tahun 2013-2018, demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kota Pariaman Armen dalam sambutannya yang dibacakan pada pelaksanaan Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, jum’at (18/3), dan untuk Kota Pariaman di laksanakan di halaman Balaikota Pariaman selepas pelaksanaan senam bersama ASN Kota Pariaman.

Advertisements

Sekdako Pariaman Armen juga mengatakan Sensus Ekonomi 2016 Sesuai dengan misi kedua RPJMD Kota Pariaman tahun 2013-2018, yaitu Penguatan Struktur Perekonomian melalui peningkatan daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif berdasarkan potensi daerah. Dan saat ini Kota Pariaman sedang giat-giatnya mempromosikan daerahnya dalam rangka menuju visi Kota Pariaman sebagai Kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif yang berbasis lingkungan, budaya dan agama, dengan cara membangun sarana dan prasarana penunjang pariwisata di kawasan pantai dan pulau, mengadakan ivent pariwisata di setiap bulannya agar mobilitas wisatawan berkunjung semakin banyak serta menggiatkan ekonomi kreatif dengan sentra-sentra industry dan kampung digital yang ada di Kota Pariaman.

“Kota Pariaman dalam pelaksanaan kebijakan dan program pembangunan untuk pencapaian visi dan misinya, Kita sudah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman pada tahun 2015, sebesar 5,99%, dimana angka tersebut sudah berada diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Barat, sedangkan untuk Angka Kemiskinan berada pada angka 5,12% di tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan kita berusaha untuk mengurangi angka kemiskinan dengan meningkatkan program penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.

Dalam Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016, Armen juga membacakan sambutan dari Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Bapak Suryamin yang mengatakan bahwa data yang dihasilkan dari SE2016 ini bukan hanya penting dan bermanfaat bagi pemerintah, tetapi juga bagi pelaku usaha, dan seluruh lapisan masyarakat. Disisi lain, data SE2016 ini juga akan menggambarkan daya saing bisnis di Indonesia dan menentukan posisi perekonomian Indonesia di antara negara-negara di kawasan regional maupun internasional. Hal ini menjadi penting mengingat bangsa Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang harus diantisipasi dan disikapi secara cepat, cermat, dan cerdas, sehingga dalam konteks inilah, data SE2016 menjadi benar-benar sangat strategis dan dibutuhkan.

Selanjutnya Armen memasangkan pakaian lapangan kepada petugas Sensus Ekonomi 2016 yang akan mencacah data ke lapangan, dilanjutkan dengan penyematan pin dari kepala BPS Kota Pariaman kepada Sekda serta pelepasan balon ke udara tanda di mulainya tahapan SE2016. Hadir dalam acara ini Kepala BPS Kota Pariaman Muhammad Hudayah dan jajaran serta petugas Sensus Ekonomi 2016, Kasdim 0308 Pariaman Mayor P. Simbolon, Kepala SKPD, Kabag, Kepala Badan, Kantor, Camat, serta peserta Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016 tingkat kota Pariaman yang hadir. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*