ASN Harus Lebih Semangat Pada Bulan Suci Ramdhan 1437H

Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi memberikan semangat pada ASN saat apel pagi.

Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi memberikan semangat pada ASN saat apel pagi.

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi mengatakan, selama Bulan Suci Ramadhan 1437 H seluruh Aparatur Sipil Negara agar tidak bermalas-malasan dalam bekerja, serta tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak bekerja. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Irfendi pada pelaksanaan Apel pagi di Lingkungan Kantor Bupati Sarilamak, Senin( 30/5).

“Puasa bukan berarti ASN mengurangi kinerjanya tetapi diharapkan meningkatkan amal ibadahnya dan meningkatkan disiplin. Jangan jadikan berpuasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja sehingga pelayanan publik terabaikan,” tegas Irfendi.

Ia menuturkan bahwa Pemkab sudah membuat surat edaran mengenai aturan jam kerja selama bulan suci Ramadhan.

Menurut keterangannya, dalam surat edaran yang akan disampaikan ke masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) nanti menegaskan bahwa selama bulan suci Ramadhan jam pulang aparatur negara dipercepat yaitu pukul 15.00 WIB.

“Kemudian ditiadakan apel pagi selama Ramadhan, jam masuk pukul 08.00 WIB dan jam istirahat tetap pukul 11.30 WIB hingga 12.30 WIB,” tambah Irfendi Arbi.

Tidak diadakannya apel pagi, menurut Irfendi, hendaknya mejadikan bertambahnya semagat kerja dari para ASN. Ia memandang bahwa bulan suci Ramadhan juga sarana membangun amal ibadah dan segala perbuatan baik yang akan dilipat gadakan amalnya,” ucap Irfendi Arbi.

Irfendi Arbi  menegaskan, akan menindak aparatur negara yang terbukti malas masuk selama bulan suci Ramadhan dengan menjatuhkan sanksi indisipliner karena aktivitas pelayanan publik selama bulan puasa tidak tetap seperti hari biasa.

Bagi SKPD yang memberlakukan lima hari kerja, pelaksanaan jam kerja selama bulan suci Ramadhan 1437 H/2016, hari Senin sampai Kamis pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, hari Jumat pukul 08.00 WIB hingga 15.30 WIB, serta waktu istirahat pukul 11.30 WIB hingga 12.30 WIB.

Bagi SKPD yang memberlakukan enam hari kerja (seperti Pukesmas, red), hari Senin hingga Kamis dan Sabtu Pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB, Istirahat pukul 12.00 WIB hingga 12.30 WIB. Hari Jum’at pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB, waktu istirahat pukul 11.30 WIB hingga 12.30 WIB.

Jumlah jam kerja bagi SKPD yang melaksanakan lima hari atau enam hari kerja selama bulan Ramadhan adalah 32.50 jam per Minggu.

Hal tersebut berdasarkan pada Undang-Undang  Republik Indonesia Nomor 05 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, serta Surat Edaran Menteri Pendayaangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 03 tahun 2016 tanggal 17 Mei 2016 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI dan Polri pada Bulan Ramadhan.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*