Asuransikan Jatah Mobil Dinas, Anggota Dewan Protes

modil dinasJmodil dinasakarta, PADANGTODAY.com – Sejumlah anggota DPRD Surabaya curi start mengambil jatah mobil dinas. Padahal rencana pembagian mobil dinas baru akan dilakukan setelah 24 September mendatang.

Sekretaris DPRD Surabaya Afghani membantah ada anggota dewan yang telah mengambil mobil dinas. Dia berdalih mereka hanya meminjam sebentar karena ada keperluan mendesak.

“Rata-rata, yang membawa adalah para anggota dewan lama,” ujar salah satu sumber di internal dewan yang namanya enggan ditulis.

Sebelumnya, pimpinan DPRD Surabaya memang sudah menginstruksikan agar mobil dinas itu dikembalikan semua. Hanya saja, sejumlah anggota dewan tetap nekat dengan alasan kepentingan mendadak.

Sementara itu, usulan dari Sekretaris DPRD Surabaya agar mobil dinas anggota dewan diasuransikan jika sudah dibagikan memicu protes dari sejumlah anggota dewan. Mayoritas menolak imbauan itu karena berbagai alasan.

Seperti yang diungkapkan salah satu anggota dewan, Saifuddin Zuhri. Dia beralasan, dasar imbauan asuransi itu dianggap kurang pas sebab mobil itu sudah berusia di atas lima tahun.

“Jika dibebankan kepada anggota, premi yang ditanggung akan lebih tinggi. Semua mobil dinas itu sudah menjadi tanggung jawab rekan-rekan,” katanya.

Penolakan juga diungkapkan anggota DPRD asal Fraksi Demokrat, Junaidi. Dia menyebut usulan itu malah merupakan pemborosan. Saat ini, status pemakaian mobdin itu sudah pinjam pakai.

“Jadi, tidak perlu diasuransikan lagi. Jika nanti ada kerusakan, yang menanggung ya pemakai,” katanya.

Sejumlah anggota lain seperti Vinsensius Awey mengaku tidak masalah jika mobil dinas itu harus diasuransikan. Hanya saja, ada sejumlah persoalan yang harus dikaji, salah satunya adalah teknis asuransi.

Sebab, lanjut dia, tidak semua perusahaan asuransi bersedia menerima asuransi terhadap kendaraan yang sudah tidak lagi baru. “Sehingga, premi yang dikenakan bisa lebih mahal. Secara pribadi, saya sepakat dengan usulan itu,” katanya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*