Asyirwan Yunus, Motivator Ulung 80 Orang Dilatih Dari BLK

Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi saat memberikan materi pembekalan untuk peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK)

Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi saat memberikan materi pembekalan untuk peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK)

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com– Di dalam tubuh, terdapat empat unsur yakni api, air, tanah dan angin. Hal ini dapat dilihat saat seseorang sedang marah, yang dominan saat itu adalah api. Sedangkan api hanya bisa dipadamkan oleh air. Saat seseorang sedang marah maka sunatnya adalah dibawa untuk berwudu.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi saat memberikan materi pembekalan untuk peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Payakumbuh, Kamis, (4/9). Asyirwan Yunus menyentuh hati para peserta itu.

Asyirwan Yunus selanjutnya mengatakan bahwa nantinya dalam bekerja agar kita bisa dipercaya maka kita dituntut untuk bersikap jujur dan mampu menghargai orang lain.

“Kalau kita ingin dihargai orang lain maka kita harus menghargai orang lain terlebih dahulu dan yang tidak kalah pentingnya kita juga harus menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat s erta mempunyai semangat dalam hidup ini,” kata Asyirwan.

Lebih jauh Asyirwan Yunus juga berpesan dengan kondisi hari ini dimana sangat marak terjadi peredaran narkoba, sebagai anak bangsa dituntut agar mawas diri dan jangan sampai terjerumus kedalam hal seperti itu.

”Narkoba generasi muda. Agar tidak terjerumus maka kita diharapkan mempunyai kecerdasan emosional, spritual dan intelektual,”jelas Asyirwan.

”Mudah-mudahan para peserta nantinya mampu menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan apa-apa yang didapat dalam pelatihan ini bermanfaat untuk masa depan,” imbuh Asyirwan Yunus.

Sementara itu, Daswing SPd selaku Kepala BLK Kota Payakumbuh mengatakan bahwa peserta pelatihan ini merupakan dipilih melalui seleksi dan selama pelatihan para peserta juga  akan difasilitasi dengan snack dan uang saku.

”Adapun peserta selama mengikuti pelatihan tidak ada dipungut biaya sama sekali,” terang Daswing.

Pelatihan kali ini terdiri dari lima jurusan atau keahlian; sepeda motor, menjahit, operator komputer, las dan teknologi hasil pertanian, dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai 80 orang.

”Usai melaksanakan pelatihan peserta akan menerima sertifikat pelatihan,” papar Daswing kembali usai pembukaan pelatihan.

Diketahui Balai Latihan Kerja ini cuma ada dua buah di Sumatera Barat yakni di Padang Panjang dan Payakumbuh yang berada dibawah naungan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat. Bagi peserta yang ingin mengikuti pelatihan ini harus mempunyai minimal ijazah SLTP dengan rentang usia 17-35 tahun.

Dari 80 orang peserta pelatihan kali ini, 30 orang dari Kota Payakumbuh, 39 orang dari Kabupaten Limapuluh Kota, 4 orang dari Kabupaten Agam, 2 orang dari Kabupaten Tanah Datar, 2 orang dari Sijunjung dan 2 orang dari Pasaman Barat.

“Bagi tamatan SLTA bisa mendaftar untuk magang ke Negara Jepang dengan catatan bagi tamatan SMA dan SMK Non Kejuruan harus mengikuti pelatihan dulu selama 160 jam, terkecuali bagi tamatan SMK Kejuruan bisa langsung magang,” tukas Daswing.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*